NILA SUMBUASIH, 1880512230017 and UMY ZAHROH, 196907192000032002 and MARYONO, 198103302005011007 (2025) PROSES BERPIKIR KOMPUTASIONAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PISA-LIKE KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR SISWA KELAS VIII MTsN 1 TULUNGAGUNG DAN MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (622kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (648kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (241kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (388kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
kemampuan dalam menyelesaikan masalah dengan menggunakan pemikiran logis siswa melalui langkah-langkah yang terstruktur. Setiap siswa memiliki proses berpikir komputasi yang berbeda-beda. Hal tersebut berkaitan dengan gaya berpikir. Gaya berpikir dibedakan menjadi empat: sekuensial konkret (SK), sekuensial abstrak (SA), acak konkret (AK), dan acak abstrak (AA). Keempatnya ada pada diri setiap siswa, namun ada salah satu yang paling dominan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses berpikir komputasional siswa tipe gaya berpikir sekuensial konkret dalam menyelesaikan masalah PISA-like konten change and relationship. 2) Mendeskripsikan proses berpikir komputasional siswa tipe gaya berpikir sekuensial acak dalam menyelesaikan masalah PISA-like konten change and relationship. 3) Mendeskripsikan proses berpikir komputasional siswa tipe gaya berpikir acak konkret dalam menyelesaikan masalah PISA-like konten change and relationship. 4) Mendeskripsikan proses berpikir komputasional siswa tipe gaya berpikir acak abstrak dalam menyelesaikan masalah PISA-like konten change and relationship. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian terdiri dari 8 siswa yang terdiri dari 4 siswa kelas VIII C MTsN 1 Tulungagung dan 4 siswa kelas VIII B MTsN 4 Tulungagung. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dengan bantuan atau arahan dari guru kelas masing-masing siswa. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil tes angket gaya berpikir. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Dalam menyelesaikan masalah PISA-like konten change and relationship subjek sekuensial konkret hanya memenuhi 3 indikator dari 4 indikator berpikir komputasional yaitu dekomposisi, pengenalan pola, dan abstraksi. 2) Dalam menyelesaikan masalah PISA-like konten change and relationship subjek sekuensial abstrak mampu memenuhi semua indikator yaitu dekomposisi, pengenalan pola, berpikir algoritma, dan abstraksi. 3) Dalam menyelesaikan masalah PISA-like konten change and relationship subjek acak konkret hanya mampu memenuhi 2 indikator dari 4 indikator yaitu dekomposisi dan pengenalan pola. 4) Dalam menyelesaikan masalah PISA-like konten change and relationship subjek acak abstrak hanya mampu memenuhi 2 indikator dari 4 indikator yaitu dekomposisi dan pengenalan pola.
| Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Pendidikan Islam |
| Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 1880512230017 NILA SUMBUASIH |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 04:48 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 04:48 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64253 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
