PROSES BERPIKIR KOMPUTASIONAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PISA-LIKE KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR SISWA KELAS VIII MTsN 1 TULUNGAGUNG DAN MTsN 4 TULUNGAGUNG

NILA SUMBUASIH, 1880512230017 and UMY ZAHROH, 196907192000032002 and MARYONO, 198103302005011007 (2025) PROSES BERPIKIR KOMPUTASIONAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PISA-LIKE KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR SISWA KELAS VIII MTsN 1 TULUNGAGUNG DAN MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (622kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (648kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

kemampuan dalam menyelesaikan masalah dengan menggunakan pemikiran logis siswa melalui langkah-langkah yang terstruktur. Setiap siswa memiliki proses berpikir komputasi yang berbeda-beda. Hal tersebut berkaitan dengan gaya berpikir. Gaya berpikir dibedakan menjadi empat: sekuensial konkret (SK), sekuensial abstrak (SA), acak konkret (AK), dan acak abstrak (AA). Keempatnya ada pada diri setiap siswa, namun ada salah satu yang paling dominan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses berpikir komputasional siswa tipe gaya berpikir sekuensial konkret dalam menyelesaikan masalah PISA-like konten change and relationship. 2) Mendeskripsikan proses berpikir komputasional siswa tipe gaya berpikir sekuensial acak dalam menyelesaikan masalah PISA-like konten change and relationship. 3) Mendeskripsikan proses berpikir komputasional siswa tipe gaya berpikir acak konkret dalam menyelesaikan masalah PISA-like konten change and relationship. 4) Mendeskripsikan proses berpikir komputasional siswa tipe gaya berpikir acak abstrak dalam menyelesaikan masalah PISA-like konten change and relationship. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian terdiri dari 8 siswa yang terdiri dari 4 siswa kelas VIII C MTsN 1 Tulungagung dan 4 siswa kelas VIII B MTsN 4 Tulungagung. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dengan bantuan atau arahan dari guru kelas masing-masing siswa. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil tes angket gaya berpikir. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Dalam menyelesaikan masalah PISA-like konten change and relationship subjek sekuensial konkret hanya memenuhi 3 indikator dari 4 indikator berpikir komputasional yaitu dekomposisi, pengenalan pola, dan abstraksi. 2) Dalam menyelesaikan masalah PISA-like konten change and relationship subjek sekuensial abstrak mampu memenuhi semua indikator yaitu dekomposisi, pengenalan pola, berpikir algoritma, dan abstraksi. 3) Dalam menyelesaikan masalah PISA-like konten change and relationship subjek acak konkret hanya mampu memenuhi 2 indikator dari 4 indikator yaitu dekomposisi dan pengenalan pola. 4) Dalam menyelesaikan masalah PISA-like konten change and relationship subjek acak abstrak hanya mampu memenuhi 2 indikator dari 4 indikator yaitu dekomposisi dan pengenalan pola.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 1880512230017 NILA SUMBUASIH
Date Deposited: 21 Nov 2025 04:48
Last Modified: 21 Nov 2025 04:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64253

Actions (login required)

View Item View Item