ACH. SAIFULLAH, 1890501220013 (2025) MANAJEMEN PESANTREN BERBASIS PROFETIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI (Studi Multisitus di Bumi Damai Al-Muhibbin Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum dan Pondok Pesantren Putri Al-Mardliyah Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang). [ Disertasi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (420kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (410kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (510kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (469kB) |
Abstract
Ach. Saifullah, 2025. Manajemen Pesantren Berbasis Profetik dalam Membentuk Karakter Santri (Studi Multisitus di Bumi Damai Al-Muhibbin Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum dan Pondok Pesantren Putri Al-Mardliyah Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang) Disertasi Program Doktor Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Promotor Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag. dan Prof. Dr. H. Prim Masrokan, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Pesantren, Nilai Profetik, Karakter Santri, Pondok Pesantren Manajemen pesantren berbasis profetik memiliki peran signifikan dalam membentuk karakter santri yang berakhlak mulia (al-akhlak al-karimah). Pondok pesantren yang menerapkan pendekatan ini mampu menciptakan santri yang produktif dalam mengerjakan amal saleh, meninggalkan karakter tercela dan aktivitas yang tidak bermanfaat, serta memiliki kesadaran bahwa hidup adalah bentuk pengabdian kepada Allah SWT. Karakter semacam ini diharapkan dapat berkontribusi pada perbaikan kehidupan sosial keagamaan di masyarakat. Selain itu, manajemen berbasis profetik menjadi bagian integral dari aktivitas harian santri yang menuntut adanya kecermatan, konsistensi, serta pemahaman mendalam dalam penerapannya. Fokus penelitian adalah manajemen pesantren berbasis profetik dalam membentuk karakter santri. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah: (1) Mengapa manajemen pesantren berbasis profetik dalam membentuk karakter santri diterapkan di Pondok Pesantren Bumi Damai Al-Muhibbin Tambakberas dan Pondok Pesantren Putri Al-Mardliyah Tambakberas Jombang? (2) Bagaimana perencanaan berbasis profetik dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Bumi Damai Al-Muhibbin Tambakberas dan Pondok Pesantren Putri Al-Mardliyah Tambakberas Jombang? (3) Bagaimana pelaksanaan berbasis profetik dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Bumi Damai Al-Muhibbin Tambakberas dan Pondok Pesantren Putri Al-Mardliyah Tambakberas Jombang? (4) Bagaimana pengendalian berbasis profetik dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Bumi Damai Al-Muhibbin Tambakberas dan Pondok Pesantren Putri Al-Mardliyah Tambakberas Jombang? (5) Bagaimana perbaikan berbasis profetik dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Bumi Damai Al-Muhibbin Tambakberas dan Pondok Pesantren Putri Al-Mardliyah Tambakberas Jombang? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi naturalistis, model studi multisitus, dan paradigma interpretif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui situs tunggal kemudian lintas situs dengan menerapkan prosedur kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependebilitas, dan uji komfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Manajemen pesantren berbasis profetik diterapkan karena kebutuhan mengintegrasikan teknologi dengan nilai spiritual, merespons radikalisme, dan melakukan modernisasi manajemen. Manajemen pesantren berbasis profetik diimplementasikan melalui serangkaian langkah yang dimulai dengan niat (Intention) yang menjadi kunci dalam setiap tindakan manajemen; (2) Perencanaan berbasis profetik (kejujuran, keteladanan, dan tanggung jawab) diterapkan melalui pengkajian visi dan misi yang bertujuan membentuk santri yang bertakwa dan berakhlak mulia; (3) Pelaksanaan berbasis profetik (tanggung jawab, kedisiplinan, dan kasih sayang) dilakukan secara kolaboratif (Collaborative) melalui langkah-langkah sistematis, yaitu identifikasi kebutuhan, pengembangan kurikulum, pelatihan rutin, dan pengelolaan layanan dukungan secara transparan; (4) Pengendalian berbasis profetik (integritas, keteguhan, kedisplinan) yang dilandasi umpan balik (Feedback-Based) dilakukan melalui evaluasi rutin secara ketat terhadap pendidikan agama, sosial, dan layanan dukungan; (5) Perbaikan berbasis profetik (integritas, kesabaran, keadilan) dilakukan secara iteratif (Iterative of Improvement) melalui evaluasi berkala, penyesuaian kurikulum, standarisasi, serta peningkatan kualitas program ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), adaptasi organisasi Burke-Litwin, perencanaan strategis Bryson, pendidikan karakter Lickona, pendidikan holistik Miller, serta continuous improvement Deming, dapat disesuaikan dan diperluas dengan melakukan integrasi nilai-nilai profetik.
| Item Type: | Disertasi |
|---|---|
| Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
| Divisions: | Kategori Pustaka > Agama > Non Muslim |
| Depositing User: | 1890501220013 ACH SAIFULLAH |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 04:55 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 04:55 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64415 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
