TUTUS HAFIDAH, 126205212111 and KHOIRUL ANAM, 198008252006041007 (2025) PERAN GURU KELAS DALAM MENGATASI TANTANGAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS 3 DI SDIT AL-ASROR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (899kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (313kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (251kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (407kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (283kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Kelas dalam Mengatasi Tantangan Emosional Peserta Didik Kelas 3 di SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Tutus Hafidah, NIM. 126205212111, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru, Guru Kelas, Tantangan Emosional Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan emosional peserta didik pada usia sekolah dasar, di mana mereka mulai mengenali dan mengelola berbagai emosi yang dapat mempengaruhi proses belajar mereka. Guru kelas memiliki peran strategis dalam membantu anak mengatasi tantangan emosional tersebut melalui pendekatan yang tepat, serta berperan aktif sebagai komunikator, motivator, dan inspirator. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan peran guru kelas sebagai komunikator dalam mengatasi tantangan emosional peserta didik kelas 3; (2) Mendeskripsikan peran guru kelas sebagai motivator dalam mengatasi tantangan emosional peserta didik kelas 3; (3) Mendeskripsikan peran guru kelas sebagai inspirator dalam mengatasi tantangan emosional peserta didik kelas 3. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara yang mendalam, observasi partisipatif, serta dokumentasi. Informan atau sumber data diantaranya ketiga guru kelas, kepala sekolah, dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) Peran guru kelas sebagai komunikator dalam mengatasi tantangan emosional peserta didik kelas 3 dilakukan dengan mengamati kondisi emosional peserta didik, pendekatan melalui teman dekat, menciptakan rasa aman dan nyaman, membantu penyelesaian konflik, serta membangun komunikasi yang baik dengan orang tua peserta didik; 2) Peran guru kelas sebagai motivator dalam mengatasi tantangan emosional peserta didik kelas 3 dilakukan dengan guru menjadi sumber semangat, membangun hubungan yang baik, memotivasi peserta didik untuk mengontrol emosi, memberikan motivasi positif, memotivasi untuk menangani masalah secara sehat, memadukan keterampilan pemecahan masalah dan pengelolaan emosi ke dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari; 3) Peran guru kelas sebagai inspirator dalam mengatasi tantangan emosional peserta didik kelas 3 dilakukan guru dengan menunjukkan sikap tenang, melaksanakan pembelajaran tanpa melibatkan permasalahan dari luar, membantu peserta didik menemukan potensi serta memberikan inspirasi dan kebebasan dalam hal yang mereka minati, memberikan semangat serta inspirasi melalui cerita kesuksesan orang lain, menghubungkan materi pembelajaran melalui contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > EQ Pendidikan > Guru Pendidikan > Peserta Didik |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
| Depositing User: | 126205212111 TUTUS HAFIDAH |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 01:45 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 01:45 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64504 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
