PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN DAN ATRAKSI TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA WISATA PUNCAK JOWIN

JONY WAHYU IBRAHIM, 126407203016 and DIDIK SETIAWAN, 197907242023211005 (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN DAN ATRAKSI TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA WISATA PUNCAK JOWIN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan atraksi wisata terhadap loyalitas pengunjung di Wisata Puncak Jowin, dengan kepuasan pengunjung sebagai variabel moderating. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya peningkatan kualitas pelayanan dan pengelolaan atraksi wisata dalam menciptakan pengalaman positif bagi pengunjung, yang pada akhirnya berdampak pada kepuasan dan loyalitas mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh dari 100 responden yang merupakan pengunjung Wisata Puncak Jowin. Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan skala Likert, dan analisis data dilakukan menggunakan SPSS versi 26 melalui uji regresi linear berganda serta Moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan atraksi wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pengunjung. Selain itu, kepuasan pengunjung terbukti memperkuat hubungan antara kualitas pelayanan dan atraksi wisata terhadap loyalitas pengunjung. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kepuasan berperan penting sebagai variabel moderasi yang memperkuat dampak variabel independen terhadap loyalitas pengunjung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pariwisata > Obyek Wisata
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah
Depositing User: 126407203016 JONY WAHYU IBRAHIM
Date Deposited: 17 Dec 2025 03:08
Last Modified: 17 Dec 2025 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65069

Actions (login required)

View Item View Item