ANALISIS GAYA BAHASA PERBANDINGAN DALAM IKLAN MARJAN TAHUN 2019-2024 SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR MENULIS TEKS IKLAN KELAS VIII DI SMPN 2 TULUNGAGUNG

NIKE NURDIANA, 126210211027 and LILIS ANIFIAH ZULFA, 198512292023212040 (2025) ANALISIS GAYA BAHASA PERBANDINGAN DALAM IKLAN MARJAN TAHUN 2019-2024 SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR MENULIS TEKS IKLAN KELAS VIII DI SMPN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (484kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Analisis Gaya Perbandingan dalam Iklan Marjan Tahun 2019-2024 sebagai Alternatif Bahan Ajar Menulis Teks Iklan Kelas VIII di SMPN 2 Tulungagung ini ditulis oleh Nike Nurdiana, NIM 126210211027, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata kunci: gaya bahasa perbandingan, alternatif bahan ajar, teks iklan. Penggunaan gaya bahasa dalam kehidupan memiliki berbagai tujuan salah satunya yaitu untuk menarik perhatian seseorang. Adanya daya tarik tersebut biasanya digunakan untuk membujuk atau mempengaruhi pikiran seseorang. Hal tersebut sering terjadi dalam teks iklan. Teks iklan merupakan teks yang memengaruhi pembaca atau pendengar supaya membeli atau memakai jasa atau produk yang ditawarkan. Oleh sebab itu teks iklan perlu memperhatikan penggunaan gaya bahasa yang dapat menarik perhatian konsumen. Berdasarkan hal terdapat dua pertanyaan yaitu 1) Bagaimana bentuk gaya bahasa perbandingan yang digunakan pada iklan marjan tahun 2019-2024? dan 2) Bagaimana gaya bahasa perbandingan iklan Marjan tahun 2019-2024 sebagai alternatif bahan ajar menulis teks iklan kelas VIII di SMPN 2 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa teks dalam iklan yang menunjukkan gaya bahasa perbandingan dalam iklan Marjan tahun 2019-2024 edisi Ramadan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori gaya bahasa dari Henry Guntur Tarigan Teknik pengumpulan data yang digunakana yaitu teori dari Miles dan Huberman terkait teknik dokumentasi, simak, catat dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Bentuk gaya bahasa perbandingan yang digunakan pada iklan marjan tahun 2019-2024 yaitu gaya bahasa metafora, gaya bahasa personifikasi, dan gaya bahasa alegori. 2) Pemanfaatan iklan Marjan tahun 2019-2024 sebagai alternatif bahan ajar menulis teks iklan kelas VIII di SMPN 2 Tulungagung yaitu dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar dalam pembelajaran teks iklan karena iklan tersebut berbentuk audio visual yang menarik, memuat ilmu pemasaran tentang iklan, cara penyajiannya melalui storytelling, dan sesuai dengan kompetensi dasar dalam pembelajaran teks iklan untuk keterampilan menulis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210211027 NIKE NURDIANA
Date Deposited: 22 Dec 2025 06:31
Last Modified: 22 Dec 2025 06:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65294

Actions (login required)

View Item View Item