ELIS RIYANTI, 2814133053 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (384kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (490kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (361kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (155kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Statistika Siswa Kelas VII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Elis Riyanti, NIM. 2814133053, Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Tutor Sebaya, hasil belajar. Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran matematika yang digunakan masih bersifat konvensional. Hal ini dapat menimbulkan kejenuhan dalam proses pembelajaran dan menimbulkan hasil belajar siswa kurang optimal. Selain itu, kebanyakan guru mendominasi dalam proses belajar dan siswa menjadi pasif. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar Tahun Ajaran 2016/2017 pada materi statistika. 2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran tutor sebayaterhadap hasil belajar materi statistikasiswa kelas VII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitan eksperimen semu (Quasi Exsperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar yang berjumlah 307 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VII-F sebagai kelas kontrol dan VII-G sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa soal tes untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas ahli dan validitas empiris serta uji reliabilitas sebelum digunakan. Setelah data penelitian terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis (t-test) yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat (homogenitas dan normalitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Hal ini dibuktikan dengan perbedaan yang signifikan antara thitung dan ttabel yang diperoleh dari perhitungan yaitu thitung = 4,91845432 dan ttabel = 2,000 sehingga thitung> ttabel , maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini didukung dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran tutor sebaya sebesar 76,45 sedangkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 65,94. Besarnya pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika materi statistika siswa kelas VII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar Tahun Ajaran 2016/2017 sebesar 1,15 dimana dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s tergolong tinggi dengan prosentase sebesar 86%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133053 ELIS RIYANTI |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 06:12 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 06:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6563 |
Actions (login required)
View Item |