PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN POWER POINT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMPN 2 POGALAN TAHUN AJARAN 2016/2017

HENGKY MAHENDRA, 2814133218 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN POWER POINT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMPN 2 POGALAN TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (796kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (239kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)

Abstract

ABSTRAK Hengky Mahendra, 2814133218, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) Berbantuan Power Point Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Kubus dan Balok Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pogalan Tahun Ajaran 2016/2017. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, Pembimbing : Dr.Eny Setyowati, S.Pd, MM Kata Kunci: STAD, Power Point, Motivasi, dan Hasil Belajar. Fenomena banyaknya siswa yang tidak menyukai belajar matematika, karena materinya dirasakan sulit sehingga menimbulkan siswa menjadi malas belajar matematika. Oleh karena itu, perlunya sebuah metode maupun model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar. Ketika motivasi belajar siswa meningkat, maka secara otomatis nilai belajar matematika siswa akan menjadi lebih baik. Dengan pemberian model pembelajaran STAD diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Pogalan. Tujuan dalam penelitian ini (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD Berbantuan Power Point terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMPN 2 Pogalan. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD Berbantuan Power Point terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMPN 2 Pogalan. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD Berbantuan Power Point terhadap motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMPN 2 Pogalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Pogalan dan sampel yang diambil ada dua kelas yaitu kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Sampel berjumlah 54 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi dan tes berupa posttest untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan untuk menjaring data dan untuk mendapatkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis, yang digunakan adalah analisis uji t dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran STAD berbantuan power point terhadap motivasi belajar. Hal ini dibuktikan diperoleh

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133218 HENGKY MAHENDRA
Date Deposited: 19 Dec 2017 01:39
Last Modified: 19 Dec 2017 01:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6902

Actions (login required)

View Item View Item