HUBUNGAN ANTARA ASSESSMENT BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII SMPN 2 NGUNUT TULUNGAGUNG

USWATUS SHOIMAH, 2814133194 (2017) HUBUNGAN ANTARA ASSESSMENT BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII SMPN 2 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK USWATUS SHOIMAH, 2814133194, 2017. Hubungan Antara Assessment Berbasis Portofolio terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Segitiga Kelas VII SMPN 2 Ngunut. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, Pembimbing: Musrikah, M.Pd Kata Kunci: Assessment Berbasis Portofolio, Hasil Belajar. Penelitian ini di latar belakangi oleh masih banyaknya siswa yang belum mengetahui sampai manakah kemampuan yang dimilikinya. Bahkan, hanya sebagian siswa yang menyadari akan hal pentingnya tentang kegiatan belajar mengajar, sedangkan lainnya tidak membutuhkan maupun merespon akan hal itu. Masih ada juga siswa yang merasa tidak membutuhkan akan nilai, padahal nilai diberikan oleh guru bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa tersebut. Terlebih lagi dalam materi matematika, masih banyak siswa yang memandang bahwa matematika itu sulit. Hal ini disebabkan karena siswa tidak mau mencoba sehingga siswa akan merasa matematika itu sulit. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan Assessment berbasis portofolio dimana penilaian ini siswa akan mengetahui kemampuannya dan dapat menilai dirinya sendiri serta dapat belajar mengeluarkan pendapat mereka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada hubungan antara Assessment berbasis portofolito terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi segitiga kelas VII SMPN 2 Ngunut? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya hubungan antara Assessment berbasis portofolito terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi segitiga kelas VII SMPN 2 Ngunut. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu korelasional. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah tehnik penilaian dengan Assessment berbasis portofolio, sedangkan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar matematika siswa. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMPN 2 Ngunut sebanyak 374 siswa, sedangkan sampel yang digunakan yaitu kelas VII B sebanyak 41 siswa sebagai kelas yang akan di gunakan dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) ada hubungan yang signifikan Antara Assessment berbasis portofolio terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi segitiga kelas VII SMPN 2 Ngunut. Hal ini dapat dilihat dari nilai korelasi yang diperoleh melalui perhitungan SPSS 16.0 sebesar 0,372 yang lebih besar dari nilai r_tabel dengan taraf 5% yaitu sebesar 0,308

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133194 USWATUS SHOIMAH
Date Deposited: 19 Dec 2017 06:22
Last Modified: 19 Dec 2017 06:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6910

Actions (login required)

View Item View Item