Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X-IPA MA Unggulan Jabal Noor Trenggalek pada Materi Komposisi Fungsi ditinjau dari Kemampuan Matematika

LUTFIANANNISAK, 2814133105 (2017) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X-IPA MA Unggulan Jabal Noor Trenggalek pada Materi Komposisi Fungsi ditinjau dari Kemampuan Matematika. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (694kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (244kB)

Abstract

ABSTRAK Lutfianannisak, 2814133105, Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X-IPA MA Unggulan Jabal Noor Trenggalek pada Materi Komposisi Fungsi Ditinjau dari Kemampuan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, Pembimbing: Ummu Sholihah, M. Si. Kata kunci : komunikasi matematis, kemampuan matematika, komposisi fungsi Komunikasi matematis merupakan suatu cara siswa mengekspresikan ide-ide matematis baik secara lisan, tertulis, gambar/diagram, menyajikan dalam bentuk aljabar, atau menggunakan simbol matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta lapangan yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran belum memberi kesempatan kepada siswa untuk mengkomunikasikan gagasan terkait pemahaman mereka. Proses komunikasi matematis memungkinkan bagi siswa untuk mengembangkan ide-ide dan membangun pemahaman matematikanya, salah satunya melalui konsep komposisi fungsi. Materi ini menjelaskan tentang konsep hubungan aljabar dan penggunaan simbol matematika yang mampu dijadikan sarana untuk menggali informasi terkait komunikasi matematis. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan tinggi kelas X-IPA MA Unggulan Jabal Noor Trenggalek pada materi komposisi fungsi, 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan sedang kelas X-IPA MA Unggulan Jabal Noor Trenggalek pada materi komposisi fungsi, 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan rendah kelas X-IPA MA Unggulan Jabal Noor Trenggalek pada materi komposisi fungsi. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Kategori kemampuan matematika diambil dari nilai ulangan harian matematika siswa dengan berdasarkan KKM yang berlaku.Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Pelaksanaan tes ini diikuti oleh 25 siswa dari 28 siswa dengan 3 butir soal yang sudah sesuai dengan indikator komunikasimatematis yang digunakan. Kemudian dipilih 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa yang berkemampuan tinggi, 2 siswa yang berkemampuan sedang, dan 2 siswa yang berkemampuan rendah guna pelaksanaan wawancara. Tahap selanjutnya yaitu analisis data yang dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian di kelas X-IPA MA Unggulan Jabal Noor Trenggalek, diketahui kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah memenuhi 3 komponen standar komunikasi yang dicetuskan oleh NCTM (NationalCouncil Of Teacher Of Mathematics),yaitu: (1) Mengorganisasikan dan mengkonsolidasi berpikir matematis (mathematical thinking) mereka melalui komunikasi; (2) Menganalisis dan mengevaluasi berpikir matematis (mathematical thinking) dan strategi yang dipakai orang lain; dan (3) Menggunakan bahasa matematika untuk mengekspresikan ide-ide matematika secara benar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133105 LUTFIANANNISAK
Date Deposited: 02 Jan 2018 01:09
Last Modified: 02 Jan 2018 01:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7085

Actions (login required)

View Item View Item