STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018

ENDANG WAHYUNINGSIH, 1721143130 (2018) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membina Akhlakul Karimah Peserta Didik di MTs Darussalam Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Endang Wahyuningsih , NIM. 1721143130, pembimbing Drs. H. Muh. Kharis, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru, Membina Akhlakul Karimah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak diantara peserta didik yang kurang menerapkan akhlakul karimah karena terbawa oleh suatu golongan atau memang mereka tidak dididik sedari kecil untuk membiasakan berperilaku akhlakul karimah. Seperti tawuran antar teman, tidak berkata sopan kepada guru, melanggar peraturan sekolah. Karena Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membina tawadhu’ peserta didik di MTs Darussalam Kademangan Blitar? (2) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membina ta’awun peserta didik di MTs Darussalam Kademangan Blitar? (3) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membina amanah peserta didik di MTs Darussalam Kademangan Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru akidah akhlak dalam membina tawadhu’ peserta didik di MTs Darussalam Kademangan Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru akidah akhlak dalam membina ta’awun peserta didik di MTs Darussalam Kademangan Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan strategi guru akidah akhlak dalam membina amanah peserta didik di MTs Darussalam Kademangan Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis-pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapun sumber data penelitian ini menggunakan data primer (hasil dari informan) dan data primer (data tambahan), teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi, analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunanan pengamat, triangulasi dan pemeriksaan sejawat Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam membina tawadhu’, strategi guru akidah akhlak di MTs Darusssalam Kademangan adalah menggunakan strategi ekspositori dimana guru memberikan contoh atau teladan kepada peserta didik bagaimana bersikap tawadhu’ kepada guru, orang dan teman sejawat, menyelipkan wejangan atau nasehat kepada peserta didik dalam proses pembelajaran, mengajarkan untuk bersikap santun dalam berbicara kepada guru, teman sejawat,dan yang lebih tua atau muda, membudayakan gerakan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Satun) kepadawarga sekolah. 2) Dalam membina ta’awun, strategi guru akidah akhlak di MTs Darussalam Kademangan adalah menggunakan strategi ekspositori dimana guru memberi nasehat kepada peserta didik tentang berperilaku ta’awun kepada sesama, memupuk kepedulian kepada orang lain dan belajar ikhlas dalam segala perbuatan yang dilakukan. xv Memberikan motivasi yang diselipkan dalam setiap kali kesempatan, misalnya dalam proses pembelajaran. Guru mengingatkan untuk berbuat baik, mengajak teman untuk berjama’ah dan lain sebagainya. Memberikan contoh atau tauladan yang baik kepada peserta didik sehingga peserta didik dapat mengamalkan perbuatan yang telah diajarkan. 3) Dalam membina amanah, strategi guru akidah akhlak di MTs Darussalam Kademangan adalah menggunakan strategi ekspositori dimana guru memberikan nasehat, contoh atau teladan yang baik kepada peserta didik untuk berperilaku amanah pada tugas yang telah di berikan. Memberikan angket untuk mengetahui apakah peserta didik amanah atau tidak, memantau dan membina peserta didik dalam melaksanakan tugasnya, seperti mengerjakan tugas yang diberikan saat proses pembelajaran. Mengawasi peserta didik di dalam sekolah dan di luar sekolah. Di dalam sekolah guru mengawasi peserta didik dalam berperilaku dan dibantu oleh anggota OSIS untuk mengawasi dan juga menasehati peserta didik. Menekankan praktek ubudiyah dimana siswa untuk mengamalkan praktek ubudiyah seperti istighasah, dan shalat berjama’ah dimana itu adalah bentuk dari amanah kepada Allah dan diri sendiri peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143130 ENDANG WAHYUNINGSIH
Date Deposited: 02 May 2018 07:37
Last Modified: 02 May 2018 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7818

Actions (login required)

View Item View Item