Korelasi Kreativitas Guru Mata Pelajaran Fikih dengan Motivasi Belajar siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Assyafi’iyah Gondang Tulungagung

Hariyana, Hariyana (2012) Korelasi Kreativitas Guru Mata Pelajaran Fikih dengan Motivasi Belajar siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
03 BAGIAN AWAL.docx

Download (37kB)
[img] Text
04 BAB I skripsi.docx

Download (44kB)
[img] Text
05 BAB II skripsi.docx

Download (97kB)
[img] Text
06 BAB III skripsi.docx

Download (57kB)
[img] Text
07 BAB IV skripsi.docx

Download (87kB)
[img] Text
08 BAB V skripsi.docx

Download (21kB)
[img] Text
09 DAFTAR RUJUKAN.docx

Download (24kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Kreativitas Guru Mata Pelajaran Fikih (dalam Penggunaan Metode Pembelajaran, dalam Penggunaan Media Pembelajaran), Motivasi Belajar. Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih banyaknya guru termasuk guru fikih dalam proses pembelajarannya masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang variatif dan kurang memanfaatkan fasilitas media pembelajaran yang ada. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Adakah korelasi kreativitas guru mata pelajar fikih dalam penggunaan metode pembelajaran dengan motivasi belajar siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung?. 2. Adakah korelasi kreativitas guru mata pelajaran fikih dalam penggunaan media pembelajaran dengan motivasi belajar siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung?. 3. Adakah korelasi kreativitas guru mata pelajaran fikih dengan motivasi belajar siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? Pola penelitian: Penelitian pendidikan, penelitian verifikatif, penelitian deskriptif dan penelitian korelasional. Populasi: Siswa kelas VII dan VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung semester genap tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 353 siswa. Sampling: Stratified Proportional Random Sampling. Sampel: 53 siswa. Variabel bebas: Kreativitas guru mata pelajaran fikih (dengan sub variabel: Kreativitas guru mata pelajar fikih dalam penggunaan metode pembelajaran dan Kreativitas guru mata pelajaran fikih dalam penggunaan media pembelajaran), Variabel terikat: Motivasi belajar. Sumber data: responden, dokumentasi. Metode pengumpulan data: angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data: data teoritis menggunakan metode deduktif dan komparatif, dan data empiris menggunakan metode induktif dengan bantuan statistik melalui rumus chi-kuadrat, koefisien kontingensi dan phi. Hasil penelitian: 1. Ada korelasi yang positif lagi signifikan antara kreativitas guru mata pelajar fikih dalam penggunaan metode pembelajaran dengan motivasi belajar siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. 2. Ada korelasi yang positif lagi signifikan antara kreativitas guru mata pelajaran fikih dalam penggunaan media pembelajaran dengan motivasi belajar siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. 3. Ada korelasi yang positif lagi signifikan antara kreativitas guru mata pelajaran fikih dengan motivasi belajar siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 26 Jan 2015 04:34
Last Modified: 26 Jan 2015 04:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/800

Actions (login required)

View Item View Item