KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 SENDANG TULUNGAGUNG

FITRI IKA WATI, 1721143149 (2018) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 SENDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menggunakan Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Sendang Tulungagung” ini ditulis oleh Fitri Ika Wati, NIM. 1721143149, pembimbing Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.Pd. I. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Metode Pembelajaran, dan Prestasi Belajar Konteks penelitian ini yaitu adanya pandangan bahwa aktivitas guru dalam proses interaksi belajar mengajar merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran dibuktikan dengan prestasi belajar siswa yang baik pula. Oleh karena itu dalam hal ini peneliti mengkaji tentang Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menggunaan Metode Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMPN 1 Sendang. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam menggunakan metode pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa ranah kognitif di SMPN 1 Sendang? (2) Bagaimana kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam menggunakan metode pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa ranah afektif di SMPN 1 Sendang? (3) Bagaimana kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam menggunakan metode pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa ranah psikomotorik di SMPN 1 Sendang?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam menggunakan metode pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMPN 1 Sendang tersebut baik dari ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala SMPN 1 Sendang, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi para guru SMPN 1 Sendang sebagai dasar untuk meningkatkan kemampuan kreativitas guru dalam mengajar khususnya dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis metode studi kasus, metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi non partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sumber data pada peneitian ini adalah person, paper dan place. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui Meningkatkan ketekunan/keajekan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil penelitian yang telah diperoleh di lapangan menyebutkan bahwa (1) Kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam menggunakan metode pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa ranah kognitif tergambar mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, hingga evaluasi pembelajaran. Kreativitas guru dalam merencanakan pembelajaran terlihat pada saat guru merencanakan dan menentukan metode yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan selalu memperhatikan kondisi dan karakter peserta didik, materi pelajaran serta kondisi lingkungan sekitar. Dalam pelaksanaannya, guru memiliki kreativitas dalam menggunakan metode pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran yang beragam dan bervariasi. Sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi ranah kognitif, guru melatih peserta didik untuk berpikir secara ilmiah yang tergambar dalam urutan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat. Selain itu dalam pelaksanaan pembelajaran guru juga memiliki kreativitas memadukan metode pembelajaran dengan media pembelajaran yang tepat. Dalam evaluasi pembelajaran, guru memiliki kreativitas dengan menerapkan tes lisan dengan berbagai teknik. (2) Kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam menggunakan metode pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa ranah afektif tergambar dari metode yang digunakan. Untuk meningkatkan prestasi afektif, guru menerapkan metode pembiasaan seperti pembiasaan berdoa, pembiasaan salam, dan pembiasaan menutup aurat. Untuk meningkatkan prestasi afektif siswa guru juga menerapkan punishment sehingga dapat memperbaiki dan mendidik ke arah yang baik menjadi lebih baik. Bentuk kreativitas guru yang lainnya yaitu menerapkan penilaian antar teman melalui pengamatan sehari-hari teman sebangku. (3) Kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam menggunakan metode pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa ranah psikomotorik tergambar dari metode yang digunakan. Untuk meningkatkan prestasi psikomotorik, guru meggunakan metode praktik dengan mempraktikkan langsung apa yang telah dipelajari. Guru juga menerapkan budaya mengaji atau tilawah al-Qur’an sebelum kegiatan pembelajaran dimulai dimaksudkan agar keterampilan siwa dalam membaca al-Qur’an meningkat. Bentuk kreativitas guru dalam meningkatkan prestasi psikomotorik lainnya yaitu melatih anak menjadi seorang pemimpin dengan membiasakan anak menjadi imam sholat dalam pembiasaan sholat dhuha dan dhuhur berjamaah di sekolah dan juga memimpin temannya ketika tilawah al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143149 FITRI IKA WATI
Date Deposited: 07 Jun 2018 06:19
Last Modified: 07 Jun 2018 06:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8094

Actions (login required)

View Item View Item