RISAL UMI BAROROH, 1724143204 (2018) KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT DI MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (950kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (262kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Risal Umi Baroroh, 1724143204, 2018, “Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Garis Dan Sudut Di Mts Assyafi’iyah Gondang Tahun Ajaran 2017/2018”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing : Dra. Umy Zahroh, M.Kes. Kata kunci : Berfikir Kritis, Garis dan Sudut Konsep matematika didapat karena proses berpikir, sehingga keterampilan berpikir mendalam (berpikir kritis) perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Materi matematika dan keterampilan berpikir kritis merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan karena materi matematika dipahami melalui berpikir kritis dan berpikir kritis dilatih melalui belajar matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kritis siswa dengan kemapuan akademik tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal matematika pada materi garis dan sudut kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah MTs Assyafi’iyah Gondang, dengan sumber data yang diambil dari siswa kelas VII B. data yang diperoleh berupa data hasil tes tertulis, wawancara, dan observasi. Data hasil tes tertulis diperoleh dari hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan soal materi garis dan sudut berdasarkan indikator berfikir kritis menurut Robbert Ennis. Analisis data yang digunakan dengan beberapa tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kemampuan berfikir kritis siswa dengan kemampuan akademik tinggi di MTs Assyafi’iyah Gondang hanya mampu memenuhi indikator berfikir kritis bertanya dan menjawab pertanyaan dengan memberikan penjelasan sederhana, mempertimbangkan penggunaan prosedur yang tepat dan kemampuan untuk memberikan alasan dari jawaban, mendefinisikan istilah dan mempertimbangkan suatu definisi dengan bertindak dan memberikan penjelasan lebih lanjut, sehingga termasuk dalam tingkat kemampuan berfikir kritis sedang. (2) Kemampuan berfikir kritis siswa dengan kemampuan akademik sedang di MTs Assyafi’iyah Gondang hanya mampu memenuhi indikator berfikir kritis bertanya dan menjawab pertanyaan dengan memberikan penjelasan sederhana, mendefinisikan istilah dan mempertimbangkan suatu definisi dengan bertindak dan memberikan penjelasan lebih lanjut, sehingga termasuk dalam tingkat kemampuan berfikir kritis rendah. (3) Kemampuan berfikir kritis siswa dengan kemampuan akademik rendah di MTs Assyafi’iyah Gondang belum mampu memenuhi satupun indikator berfikir kritis, sehingga termasuk dalam tingkat kemampuan berfikir kritis sangat rendah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143204 RISAL UMI BAROROH |
Date Deposited: | 09 Aug 2018 02:12 |
Last Modified: | 09 Aug 2018 02:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8156 |
Actions (login required)
View Item |