BINTI ASFIYATUR ROHMAH, 1721143087 (2018) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOL AKHLAK DI AH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH MTs MAARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (744kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (527kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (449kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (472kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (687kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (284kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Maarif Bakung Tahun Ajaran 2017/2018” di tulis oleh Binti Asfiyatur Rohmah, NIM 1721143087, Pembimbing Anissatul Mufarokah S.Ag. M.Pd. Kata Kunci : Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Prestasi Belajar Pemanfaatan perpustakaan sekolah adalah cara memanfaatan segala fasilitas yang ada di dalam perpustakaan sekolah. Fasilitas yang ada di dalam perpustakaan yakni bahan-bahan pustaka baik fiksi maupun non fiksi. Oleh karena itu perpustakaan dapat dimanfaatkan oleh pelajar untuk memperoleh informasi dalam berbagai bidang keilmuan. Kegiatan pemanfaatan perpustakaan diharapkan dapat mendukung pencapaian tingkat prestasi Akidah Akhlak siswa di sekolah. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah:1.Adakah pengaruh ketrampilan mengumpulkan informasi terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak di Mts Maarif Bakung Udanawu tahun ajaran 2017/2018? 2. Adakah pengaruh ketrampilan mengambil intisari dan mengorganisasikan informasi terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak di Mts Maarif Bakung Udanawu tahun ajaran 2017/2018?3. Adakah pengaruh ketrampilan menganalisis, menginterprestasikan dan mengevaluasi terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak di Mts Maarif Bakung Udanawu tahun ajaran 2017/2018? 4.Adakah pengaruh ketrampilan menggunakan informasi terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak di Mts Maarif Bakung Udanawu tahun ajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas VIII MTs Maarif Bakung sebanyak 309. Sampling dalam penelitian ini menggunakan Nonprobability sampling dengan purposive rundom sampling. Sampelnya yaitu siswa kelas VIII A-VIII H yang berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan kuisioner atau angket, observasi dan juga dokumentasi. Analisis datanya menggunakan tiga uji yaitu a) uji instrumen (validitas dan reabilitas), b) uji prasyarat (normalitas dan linieritas), c) uji hipotesis. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa:(1) Ada pengaruh yang signifikan ketrampilan mengumpulkan informasi terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak di Mts Maarif Bakung Udanawu tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh nilai > maka ditolak dan diterima. Hasil analisis dengan uji regresi diperoleh nilai yaitu 2,771 dan nilai pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,001.(2) Ada pengaruh yang signifikan ketrampilan mengambil intisari dan mengorganisasikan informasi terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak di Mts Maarif Bakung Udanawu tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh nilai > maka ditolak dan diterima. Hasil analisis dengan uji-t diperoleh nilai yaitu 3,396 dan nilai pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,001.(3)Ada pengaruh yang signifikan ketrampilan menganalisis, menginterprestasikan dan mengevaluasi terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak di Mts Maarif Bakung Udanawu tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh nilai < maka diterima dan ditolak. Hasil analisis pertama dengan uji regresi diperoleh nilai yaitu 2,371 dan nilai pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,001.(4) Ada pengaruh yang signifikan ketrampilan menggunakan informasi terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak di Mts Maarif Bakung Udanawu tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh nilai < maka diterima dan ditolak. Hasil analisis pertama dengan uji regresi diperoleh nilai yaitu 3,217 dan nilai pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,001.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143087 BINTI ASFIYATUR ROHMAH |
Date Deposited: | 02 Jul 2018 04:18 |
Last Modified: | 02 Jul 2018 04:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8166 |
Actions (login required)
View Item |