HANI’ ATUS SUROYA, 1721143157 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN FIQH BAB ZAKAT KELAS 8 MTsN PULOSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (561kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (765kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (733kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (418kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (106kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (311kB) |
Abstract
ABSTRAK Suroya, Hani’ Atus (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash pada Mata Pelajaran Fiqh Bab Zakat Kelas VIII MTsN Pulosari Tulungagung. Dosen Pembimbing : Dr. Agus Zaenul Fitri., M.Pd. Kunci: Media Pembelajaran, Flash. Berdasarkan studi kasus literatur, pengamatan dengan wawancara guru fiqh di MTsN Pulosari Tulungagung bahwa pembelajaran fiqh bab zakat memerlukan media pembelajaran karena mata pelajaran fiqh bab zakat dirasa sulit oleh sebagian besar siswa. Cara penyampaian pembelajaran zakat hanya dengan menggunakan ceramah, sehingga membuat mereka bosan, kurang termotivasi, mengantuk dan ramai sendiri saat di kelas. Alasan tersebut yang melatar belakangi peneliti untuk mengembangkan media pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Seperti apakah produk pengembangan media pembelajaran berbasis flash yang mampu meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Fiqh Bab Zakat kelas 8 MTsN Pulosari Tulungagung?” Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis flash pada mata pelajaran fiqh bab zakat (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan, (3) mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada materi fiqh bab zakat dan (4) mengetahui apakah produk yang dihasilkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D (four-D) yang meliputi empat tahapan yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan soal tes. Angket digunakan pada validasi ahli dan penilaian minat belajar siswa, sedangkan soal tes digunakan pada penilaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi syarat dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil pengembangan media pembelajaran diketahui bahwa: (1) produk media yang dikembangkan layak digunakan di MTsN Pulosari. (2) kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi sebesar (100%) termasuk kriteria “sangat layak” untuk digunakan, sedangkan berdasarkan validasi ahli media sebesar (78,2%) termasuk kriteria “sangat layak” untuk digunakan. (3) Hasil uji efektifitas dengan menggunakan Uji t (Independent Sample T test) diperoleh hasil yang baik, hasil perhitungan pada α = 5 % dengan df = 60 diperoleh t tabel = 1,670. Didapat t hitung = 5,769 ≥ ttabel = 1,670. Karena t hitung ≥ ttabel maka hipotesis (Ho) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis flash ini efektif digunakan dalam pembelajaran. Hendaknya guru membekali dirinya dalam memanfaatkan dan mengembangkan media pembelajaran agar suasana belajar lebih baik tanpa mengurangi esensi dalam menyampaikan materi pelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143157 HANI’ ATUS SUROYA |
Date Deposited: | 07 Aug 2018 07:26 |
Last Modified: | 07 Aug 2018 07:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8219 |
Actions (login required)
View Item |