AINUR ROICHA PUTRI, 1721143039 (2018) PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (760kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (761kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (760kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (393kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (541kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMK Negeri 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Ainur Roicha Putri, NIM. 1721143039. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd, NIP. 19720417 200604 002. Kata kunci : Komunikasi, Interpersonal, Karakter. Penelitian ini dilatar belakangi oleh, adanya siswa yang bolos sekolah, mencontek saat ujian, tidur di kelas, kurang sopan santun, kurang bisa menghargai orang lain, tawuran antar siswa dan merokok. Dengan adanya berbagai masalah tersebut menjadikan tujuan utama pendidikan yang selama ini terabaikan atau mungkin gagal tercapai adalah pembentukan karakter. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam adalah melalui komunikasi interpersonal. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah komunikasi interpersonal guru Pendidikan Agama Islam dengan pembentukan karakter peserta didik. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelasakan : (1) Untuk menjelaskan pengaruh komunikasi interpersonal guru Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan karakter peserta didik pada aspek jujur di SMK Negeri 2 Tulungagung; (2) Untuk menjelaskan pengaruh komunikasi interpersonal guru Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan karakter peserta didik pada aspek disiplin di SMK Negeri 2 Tulungagung; (3) Untuk menjelaskan pengaruh komunikasi interpersonal guru Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan karakter peserta didik pada aspek tanggung jawab di SMK Negeri 2 Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis MANOVA. Populasi berjumlah 424 siswa di SMK Negeri 2 Tulungagung dan sampel sebanyak 72 siswa dengan menggunakan teknik sample random sampling. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: metode angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Ada pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal guru PAI terhadap pembentukan karakter peserta didik di SMK Negeri 2 Tulungagung yang ditunjukkan nilai signifikansi dari F_hitung aspek jujur sebesar (0,005 < 0,05) dan pengaruhnya sebesar 56,6%; (2) Ada pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal guru PAI terhadap pembentukan karakter peserta didik di SMK Negeri 2 Tulungagung yang ditunjukkan nilai signifikansi dari F_hitung aspek disiplin sebesar (0,004 < 0,05) dan pengaruhnya sebesar 57,4%; (3) Ada pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal guru PAI terhadap pembentukan karakter peserta didik di SMK Negeri 2 Tulungagung yang ditunjukkan dari nilai signifikansi F_hitung aspek tanggung jawab sebesar (0,035 < 0,05) dan pengaruhnya sebesar 50,1%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143039 AINUR ROICHA PUTRI |
Date Deposited: | 23 Jul 2018 06:29 |
Last Modified: | 23 Jul 2018 06:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8345 |
Actions (login required)
View Item |