NOVI RETNO ARDIANI, 1724143188 (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY) DAN PENDEKATAN MMP (MISSOURI MATHEMATICS PROJECT) PADA MATERI SEGITIGA SISWA KELAS VII DI MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (171kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually) dan Pendekatan MMP (Missouri Mathematics Project) pada materi Segitiga pada Siswa Kelas VII Di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018 ” ini ditulis oleh Novi Retno Ardiani, NIM. 1724143188, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Maryono M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekan SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually), Pendekatan MMP (Missouri Mathematics Project). Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Pendekatan SAVI adalah pendekatan yang menekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan semua alat indra yang dimiliki siswa sehingga dapat memberikan pengaruh yang besar dalam pembelajaran. MMP adalah salah satu pembelajaran yang terstruktur dengan pengembangan ide dan perluasan konsep matematika dengan disertai adanya latihan soal sehingga siswa dilatih untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada perbedaan hasil belajar matematika antara kelas yang menggunakan pendekatan SAVI dengan kelas yang menggunakan pendekatan MMP pada materi segitiga siswa kelas VII di MTs Darul Hikmah Tawangsari tahun ajaran 2017/2018? (2) Apakah hasil belajar siswa kelas yang menggunakan pendekatan SAVI lebih baik dari pada siswa kelas yang menggunakan pendekatan MMP pada materi segitiga siswa kelas VII di MTs Darul Hikmah Tawangsari tahun ajaran 2017/2018?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experimental design. metode pengambilan data melalui tes, dokumentasi dan observasi. Metode tes digunakan untuk mencari nilai hasil belajar siswa. Sedangkan dokumentasi dan observasi digunakan untuk menggali data tentang keadaan siswa sebelum penelitian, populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan, dan dokumentasi sekolah. Pada penelitian ini analisis data menggunakan uji beda t-test. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil pengolahan data yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) berdasarkan penelitian yang diperoleh dapat diketahui nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 76,62 dan rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 67,41 . Sedangkan nilai standar deviasi atau simpangan baku dari kelas eksperimen 1 sebesar 12,881 dan nilai standar deviasi kelas eksperimen 2 sebear 15,441. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data tes di peroleh thitung = 2, 741 ≥ ttabel = 1,9939, dengan demikian H1 diterima, yang berarti ada perbedaan hasil belajar antara pendekatan SAVI dan pendekatan MMP pada materi segitiga siswa kelas VII di MTS Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. (2) hasil belajar pada kelas pendekatam SAVI lebih baik dari pendekatan MMP.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143188 NOVI RETNO ARDIANI |
Date Deposited: | 23 Jul 2018 04:44 |
Last Modified: | 23 Jul 2018 04:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8435 |
Actions (login required)
View Item |