PENERAPAN STRATEGI TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

KHOLIFATUS SAKDIYAH, 1721143197 (2018) PENERAPAN STRATEGI TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (450kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (423kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (170kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Huda Bandung Tulungagung”, ini ditulis oleh Kholifatus Sakdiyah, NIM. 1721143197, pembimbing Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Tutor Sebaya, Efektifitas Pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang masih cenderung menggunakan metode ceramah saja, sehingga terkesan monoton yang berdampak kurang dapat perhatian dari siswa karena pembelajarannya terlalu membosankan. Oleh karena itu banyak strategi-strategi yang digunakan dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Salah satunya dengan menggunakan strategi tutor sebaya ini. Strategi tutor sebaya ini merupakan salah satu strategi yang dapat membangun motivasi siswa untuk belajar kembali, karena proses belajarnya bersama teman-teman sekelasnya. Atas dasar itu, penelitian ini difokuskan pada : 1) Bagaimana kriteria penerapan strategi tutor sebaya dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung?, 2) Bagaimana langkah-langkah penerapan strategi tutor sebaya dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung?, 3) Bagaimana penilaian penerapan strategi tutor sebaya dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kriteria penerapan strategi tutor sebaya dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Untuk mengetahui langkah-langkah penerapan strategi tutor sebaya dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Untuk mengetahui penilaian penerapan strategi tutor sebaya dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Sejarah Kebudayaan di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketentuan / keajegan pengamatan, Triangulasi dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap pra lapangan, tahap kegiatan lapangan, dan tahap analisis data. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa: Pertama, Kriteria tutor sebaya yaitu seorang tutor dipilih karena pintar (kemampuan berpikirnya berbeda dengan yang lainnya), mempunyai wawasan yang luas, mampu menjelaskan materi yang akan disampaikan, tidak sombong (mampu berbaur dengan sesama), tidak malu dan mempunyai rasa percaya diri terhadap teman lainnya. Kedua, Langkah-langkah yang harus ditempuh saat melakukan strategi tutor sebaya : a) Guru menentukan siapa saja yang akan menjadi tutor. b) Guru membentuk sebuah kelompok dan disesuaikan dengan jumlah tutor yang telah dipilih. c) Guru memberikan penjelasan kepada peserta didik mengenai apa yang harus dilakukannya. d) Guru mengamati proses jalannya diskusi. e) Guru memberikan sebuah evaluasi terhadap hasil diskusi. Ketiga, Penilaian penerapan strategi tutor sebaya diambil dari proses diskusi, hasil catatan dan saat presentasi. Penilaian dilakukan saat proses diskusi, dimana nilai tersebut diambil saat peserta didik mengerjakan tugas bersama-sama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143197 KHOLIFATUS SAKDIYAH
Date Deposited: 10 Aug 2018 08:53
Last Modified: 10 Aug 2018 08:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8525

Actions (login required)

View Item View Item