RANI MASRUROH, 1724143203 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY (SAVI) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG PADA MATERI SUDUT TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (732kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (127kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (519kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (786kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (700kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (208kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung Pada Materi Sudut Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Rani Masruroh, NIM. 1724143203, Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI), Alat Peraga, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya anggapan dari sebagian besar siswa bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit sehingga siswa kurang tertarik pada pelajaran matematika. Selain itu pada proses kegiatan belajar mengajar lebih banyak didominasi oleh guru dan siswa yang pandai saja. Guru masih menerapkan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Siswa menjadi bosan sehingga motivasi belajar siswa menurun dan akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu penggunaan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) berbantuan alat peraga dianggap mampu membantu dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada materi sudut. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) berbantuan alat peraga terhadap motivasi belajar matematika siswa; (2) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) berbantuan alat peraga dan variabel terikatnya adalah motivasi belajar dan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung, sementara sampel penelitian ini adalah kelas VII G dan VII H. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) berbantuan alat peraga terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP N 2 Sumbergempol Tulungagung pada materi sudut tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan uji t diperoleh nilai 2,048 maka ditolak dan diterima; (2) Ada pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 2 Sumbergempol Tulungagung pada materi sudut tahun ajaran 2017/2018 Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan uji t diperoleh nilai 2,010 maka ditolak dan diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143203 RANI MASRUROH |
Date Deposited: | 12 Sep 2018 06:14 |
Last Modified: | 12 Sep 2018 06:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8593 |
Actions (login required)
View Item |