MUHAMMAD CHAFID SAIFULLOH, 28111331775 (2018) PENGARUH KEDISIPLINAN BERIBADAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (971kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (833kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (642kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (748kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (620kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kedisiplinan Beribadah Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Chafid Saifulloh, NIM. 2811133175, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang di bimbing oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag, NIP. 19651215 200312 2 001. Kata Kunci: Kedisiplinan, Ibadah dan Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi adanya kemunduran kedisiplinan dalam mencapai suatu karakter prestasi dalam semua bidang pendidikan, terutama dalam pendidikan keagamaan. yang mana telah dibuktikan dengan banyaknya para pesrta didik yang bertindak diluar norma gama maupun negara. Selain itu masih banyak lagi kemrosotan – kemrosotan norma maupun moral anak bangsa ini, terutama dalam bidang pendidikan dan agama utamanya. Hal tersebut bisa ditanggulangi dengan adanya suatu kedisiplinan dalam bidang agama terutama kedisiplinan dalam menjalankan shalat fardhu, tadarus al-qur’an dan puasa sunnah, sehingga norma agama dapat dengan mudah diperbaiki meskipun kecil kemungkinannya. Karna nilai – nilai yang terkandung dalam melaksanakan kedisiplinan keagamaan (beribadah) adalah sebagai dasar dalam menjalankan kehidupan. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah antara Kedisiplinan beribadah terhadap prestasi belajar siswa MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh kedisiplinan beribadah shalat fardhu terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung, (2) Adakah pengaruh kedisiplinan beribadah tadarus Al-Qur’an terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung, (3) Adakah pengaruh kedisiplinan beribadah puasa sunnah senin dan kamis terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung, (4) Adakah pengaruh secara bersama-sama kedisiplinan beribadah shalat fardhu, tadarus Al-Qur’an dan puasa sunnah senin – kamis terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung. Jenis penelitian ini adalan kuantitatif deskriptif parsial, simultan dan regresi dengan popilasi 106 siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung dan sampelnya sebanyak 27 siswa dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data mengenai kedisiplinan beribadah terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam (PAI) siswa MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung dalam penelitian ini. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, dan dokumen sekolah. Teknik analisi data menggunakan uji validitas, reabilitas, normalitas, homogenitas, linieritas, t-test, f-test dan regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan aplikasi spss 20,0 for windows. Hasil penelitian ini pertama, ada pengaruh antara Kedisiplinan Beribadah Shalat Fardhu terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung yang di tunjukkan dari hitung Ttabel > Ttabel (4,098 > 2,060). Berdasarkan uji t-test tersebut ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan HI diterima. Dengan besaran pengaruh yang diberikan sebesar pengaruh sebesar 11,69% dan selebihnya 88,31% dipengaruhi oleh faktor lain. Kedua, ada pengaruh antara Kedisiplinan Beribadah Tadarus Al - Qur’an terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa MA AtThohiriyah Ngantru Tulungagung yang di tunjukkan dari hitung Ttabel < Ttabel (- 0,423 < 2,060). Berdasarkan uji t-tes tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa H0 diterima dan HI ditolak. Dengan memberikan besaran pengaruh sebesar 16,72% dan selebihnya 83,28% dipengaruhi oleh factor lain. Ketiga, ada pengaruh antara Kedisiplinan Beribadah Puasa Sunnah Senin – Kamis terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa MA AtThohiriyah Ngantru Tulungagung yang di tunjukkan dari hitung Ttabel > Ttabel (5,644 > 2,060) Berdasarkan uji t-tes tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan HI diterima. Dengan memberikan sebesar pengaruh sebesar 4,67% dan selebih dipengaruhi oleh factor lain. Keempat, ada pengaruh antara Kedisiplinan Beribadah (Shalat fardhiu, Tadarus Al-Qur’an dan Puasa Sunnah Senin – Kamis) terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung yang di tunjukkan dari hitung Ftabel < Ftabel (1,599 < 3,03) Berdasarkan uji F-tes tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa H0 dittolak dan HI diterima. Dengan memberikan sebesar pengaruh sebesar 2.99% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain-nya. Dengan demikian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Selain meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama islam siswa, secara tidak langsung juga dapat meningkatkan kedisiplinan ibadah lainnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 28111331775 MUHAMMAD CHAFID SAIFULLOH |
Date Deposited: | 02 Aug 2018 03:25 |
Last Modified: | 02 Aug 2018 03:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8645 |
Actions (login required)
View Item |