QURROTUL AINIYAH, 1721143334 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP ETIKA PERGAULAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH SALAFIYAH SYAFI’IYAH SOOKO MOJOKERTO. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (557kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (679kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (174kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (485kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (120kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK QURROTUL AINIYAH (1721143334), Dr. H. Munardji, M.Ag. ”Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Etika Pergaulan Siswa di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Sooko Mojokerto” Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri, 2018. Kata Kunci : Pembelajaran Aqidah Akhlak, Etika Pergaulan Siswa Pembelajaran Aqidah Akhlak merupakan kegiatan terencana yang merangsang speserta didik agar bisa belajar dengan baik agar sesuai dengan tujuan pembelajaran yaitu yang memuat tentang tata perilaku atau sopan santun. Etika pergaulan siswa yaitu pergaulan siswa sehari-hari baik dirumah, sekolah, maupun masyarakat dimana di perlukan suatu sistem yang mengatur bagaimana seharusnya manusia bergaul. Sistem pengaturan pergaulan tersebut menjadi saling menghormati dan dikenal dengan sebutan etika atau yang biasa disebut tata karma/sopan santun, agar tidak terjerumus dalam hal-hal negatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Sooko Mojokerto. Bagaimana etika pergaulan siswa di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Sooko Mojokerto. Adakah Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Etika Pergaulan Siswa di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Sooko Mojokerto. Seberapa besar Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Etika Pergaulan Siswa di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Sooko Mojokerto. Obyek penelitian ini mengenai latar belakang Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Sooko Mojokerto. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket kuisoner. Waktu pelaksanaan penelitian ini pada hari Sabtu (2 Maret 2018). Analisis data menggunakan prosentase dari setiap variabel dan rumus product moment,serta rumus SPSS016. Kemudian untuk mengetahui pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap etika pergaulan siswa dengan menggunakan uji signifikansi korelasi product moment pada r tabel, taraf kesalahan 5%, maka harga r tabel = 1,714. Ketentuannya jika r hitung lebih kecil dari r tabel (r hitung < r tabel), maka Ho diterima dan Ha ditolak. Tetapi sebaliknya jika r hitung lebih besar dari r tabel (r hitung > r tabel), maka Ha diterima. Ternyata r hitung (2,119) lebih besar dari r tabel (1,714). Dengan demikian ada pengaruh pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap etika pergaulan siswa di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Sooko Mojokerto Kemudian untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap etika pergaulan siswa di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Sooko Mojokerto dapat diketahui dengan besarnya nilai korelasi (rxy) yang diperoleh adalah 0,404 dan terletak antara 0,400 – 0,600, maka dapat diartikan korelasi antara variabel X dan variabel Y itu adalah korelasi yang tergolong agak rendah. Saran yang dapat penulis berikan adalah pentingnya menanamkan nilai-nilai etika pergaulan pada siswa agar tidak mudah terjerumus dalam hal yang negatif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143334 QURROTUL AINIYAH |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 04:07 |
Last Modified: | 15 Oct 2018 04:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8953 |
Actions (login required)
View Item |