DELLA MAWADDAH, 1721143101 (2018) strategi guru dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam di MTSN Bandung Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (664kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (181kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTsN Bandung Tulungagung Tahun 2018” ini ditulis oleh Della Mawaddah, NIM. 1721143101, pembimbing oleh Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag. Kata Kunci: Strategi guru, pembelajaran Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya dijumpai siswa yang mengalami masalah belajar dalam mempelajari mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yang disebabkan oleh berbagai macam faktor. Guru sebagai salah satu faktor dalam pendidikan harus bisa menciptakan strategi khusus supaya siswa mampu mengatasi masalah belajar yang dialami siswa. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi perencanaan guru dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTsN Bandung Tulungagung? 2) Bagaimana strategi pelaksanaan guru dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTsN Bandung Tulungagung? 3) Bagaimana strategi evaluasi guru dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTsN Bandung Tulungagung? Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala dan guru MTsN Bandung Tulungagung sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi para guru MTsN Bandung Tulungagung sebagai pengetahuan tambahan dalam mengatasi masalah belajar siswa. Bagi siswa MTsN Bandung Tulungagung sebagai bahan kajian dan renungan untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan: 1) Strategi perencanaan guru dalam pembelajaran SKI adalah penyusunan RPP dengan baik dan benar, memberi hadiah atau hukuman yang mendukung, sebelum memulai pembelajaran guru bisa menguasai kelas dan sedikit bercerita. 2) Strategi pelaksanaan guru dalam pembelajaran SKI adalah membuka pelajaran, menyampaikan materi, menutup pembelajaran, menggunakan strategi metode dan media yang sesuai materi, berusaha menghidupkan kelas, memberikan hadiah atau motivasi, menjalin keakraban dengan siswa. 3) Strategi evaluasi guru dalam pembelajaran SKI adalah mengadakan evaluasi formatif dan sumatif
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143101 DELLA MAWADDAH |
Date Deposited: | 14 Aug 2018 08:26 |
Last Modified: | 14 Aug 2018 08:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8963 |
Actions (login required)
View Item |