ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA MATERI PHYTAGORAS KELAS VIII DI MTs NEGERI 1 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018

RONCE ANGGE CHANDRA, 1724143220 (2018) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA MATERI PHYTAGORAS KELAS VIII DI MTs NEGERI 1 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (908kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)

Abstract

ABSTRAK Ronce Angge Chandra, 1724143220, “Analisis Pemahaman Konseptual Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Materi Phytagoras Kelas VIII di MTs Negeri 1 Kota Blitar Tahun Ajaran 2017/2018”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Ummu Sholihah, M. Si. Kata Kunci: Pemahaman Konseptual, Gaya Belajar, Phytagoras. Pemahaman konseptual harus dimiliki siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang memungkinkan untuk mengklasifikasikan obyek tertentu merupakan contoh atau bukan contoh dari gagasan tersebut. Berdasarkan observasi, siswa sering mengabaikan definisi, teorema dan sifat yang berlaku dalam materi phytagoras. Meskipun memahami konsep dengan benar tetapi apabila tidak dikerjakan sesuai prosedur maka kurang efektif. Siswa cenderung kurang mampu dalam menghubungkan antara konsep matematika yang dimiliki dengan konsep yang baru diperoleh. Jika siswa tidak mampu mengaitkan antara konsep segitiga dengan definisi Teorema Phytagoras maka akan cenderung kesulitan dalam memahami soal, bahkan kemungkinan besar penyelesaian yang dihasilkan kurang tepat. Apabila berlanjut, tentu mengakibatkan dangkalnya pemahaman siswa karena kurangnya pemahaman konsep yang dimiliki, sedangkan konsep dalam matematika mempunyai keterkaitan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual siswa dengan gaya belajar audio, kinestetik dan visual di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif dimaksudkan untuk mendeskripsikan secara sistematis dan akurat sesuai situasi atau area populasi tertentu yang bersifat faktual. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) observasi, 2) angket, 3) tes, dan 4) wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemahaman konseptual siswa yang memiliki gaya belajar audio memenuhi semua indikator pemahaman konseptual dengan sempurna menerapkan rumus dalam perhitungan sederhana, mengerjakan perhitungan secara algoritmik dan mengaitkan suatu konsep dengan konsep lainnya. Namun tidak memenuhi indikator menyadari proses yang dikerjakannya sehingga belum sempurna 2) pemahaman konseptual siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik mampu memenuhi semua indikator pemahaman konseptual dengan sempurna menerapkan rumus dalam perhitungan sederhana, mengerjakan perhitungan secara algoritmik dan mengaitkan suatu konsep dengan konsep lainnya. Namun tidak memenuhi indikator menyadari proses yang dikerjakannya sehingga belum sempurna. 3) pemahaman konseptual siswa yang memiliki gaya belajar visual mampu memenuhi semua indikator pemahaman konseptual dengan sempurna, mengerjakan perhitungan secara algoritmik, mengaitkan suatu konsep dengan konsep lainnya dan menyadari proses yang dikerjakannya. Namun tidak memenuhi indikator menerapkan rumus dalam perhitungan sederhana sehingga belum sempurna.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143220 RONCE ANGGE CHANDRA
Date Deposited: 20 Aug 2018 04:28
Last Modified: 20 Aug 2018 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9023

Actions (login required)

View Item View Item