PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS VIII MTsN 1 BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018

AYU MURIZKA SARI, 1724143049 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS VIII MTsN 1 BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII di MTsN 1 Blitar Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Ayu Murizka Sari (1724143049), Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Jigsaw, Hasil Belajar Pembelajaran matematika dalam pendidikan formal saat ini mata pelajaran matematika membutuhkan keaktifan belajar yang tinggi, selain itu siswa juga harus mampu memecahkan permasalahan matematis secara mandiri. Melalui jigsaw, Siswa bekerja sama saling ketergantungan positif, bertanggung jawab secara mandiri, siswa memiliki banyak kesempatan untuk mengemukakan pendapat dan mengolah informasi yang didapat dan dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Pembelajaran ini memungkinkan siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Dalam hal ini peneliti menghubungkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 1 Blitar (2) untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental (Postest-only Control Design). Variabel bebasnya adalah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 dan kelas VIII-6 yang berjumlah 76 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, diperoleh 1) uji t dua arah menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,008 < 0,05sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa. Dengan rata-rata nilai kelas eksperimen 86,71 dan rata-rata nilai kelas kontrol 77,63 dan 2) besar pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa adalah sebesar 84% termasuk kuat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143049 AYU MURIZKA SARI
Date Deposited: 20 Aug 2018 08:04
Last Modified: 20 Aug 2018 08:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9048

Actions (login required)

View Item View Item