Usmawati, Titik Nurlaili (2009) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Bilangan Pecahan di Kelas III MI Muhammadiyah Dermosari Trenggalek Tahun Pelajaran 2009/2010. [ Skripsi ]
Text
ABSTRAK.rtf Download (52kB) |
|
Text
BAB I.rtf Download (145kB) |
|
Text
BAB II_ SKRIPSI.rtf Download (328kB) |
|
Text
BAB III_SKRIPSI.rtf Download (456kB) |
|
Text
BAB V SKRIPSI.rtf Download (59kB) |
|
Text
BAB IV_SKRIPSI.rtf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.rtf Download (81kB) |
Abstract
Kata kunci: Pembelajaran Matematika Realistik dan Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam pembelajaran matematika siswa terbiasa bekerja secara prosedural dan memahami matematika tanpa penalaran. Akibatnya siswa kurang memahami konsep-konsep matematika dan siswa mengalami kesulitan untuk mengaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Agar tujuan pembelajaran tercapai maka peneliti memilih pembelajaran yang tepat, salah satu pembelajaran yang diterapkan adalah Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) yang diharapkan dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dan juga dari pembelajaran ini diharapkan siswa mampu memunculkan konsep-konsep matematika atau matematika formal. Sehingga siswa mempunyai kesempatan untuk menemukan kembali konsep-konsep matematika untuk memecahkan masalah sehari-hari. Rumusan Masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh dari penerapan pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Bilangan Pecahan di Kelas III MI Muhammadiyah Dermosari Trenggalek Tahun Pelajaran 2009/2010?, (2) Seberapa besar pengaruh dari penerapan pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Bilangan Pecahan di Kelas III MI Muhammadiyah Dermosari Trenggalek Tahun Pelajaran 2009/2010?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk mengetahui (1) adanya pengaruh penerapan pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Bilangan Pecahan di Kelas III MI Muhammadiyah Dermosari Trenggalek Tahun Pelajaran 2009/2010, (2) besarnya pengaruh penerapan pembelajaran Matematika Realistik terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Bilangan Pecahan di Kelas III MI Muhammadiyah Dermosari Trenggalek Tahun Pelajaran 2009/2010. Manfaat dari penelitian ini adalah (1) Memberikan motifasi kepada guru matematika bahwa mengemas suatu pembelajaran dengan menyesuaikan daya abstraksi siswa sangat diperlukan dan harus dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran matematika dari siswa yang dibimbingnya, (2) Memberikan penawaran alternatif pemecahan bagi guru matematika untuk dapat mengurangi bahkan mengubah citra sebuah pembelajaran matematika, dari menakutkan menjadi menyenangkan dan dapat mengembangkan potensi siswa secara optimal, (3) Memberikan sedikit kontribusi pemikiran pada dunia pendidikan untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, guna mengantarkan anak-anak bangsa ke masa depan yang lebih cerah. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, tes, dokumentasi, interview dan angket. (1) Metode observasi digunakan untuk melihat keadaan gedung, keadaan sarana pendidikan, dan letak geografis dari MI Muhammadiyah Dermosari Trenggalek, (2) Metode tes digunakan untuk melihat apakah dengan diberikan metode pembelajaran matematika realistik ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi bilangan pecahan, (3) metode dokumentasi dan interview digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen dari MI Muhammadiyah Dermosari Trenggalek, dan (4) metode angket digunakan untuk memperoleh data mengenai respon siswa setelah menggunakan metode pembelajaran matematika realistik. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas, penulis menggunakan rumus t-test. Setelah data dianalisis, akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara sebelum menggunakan metode pembelajaran matematika realistik dan sesudah menggunakan metode pembelajaran matematika realistik, pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas III MI Muhammadiyah Dermosari Trenggalek Tahun Pelajaran 2009/2010. Hasil hitung, t hitung yang diperoleh dari perhitungan yaitu 3,601 dan t tabel pada taraf signifikan 5% adalah 2,179. Jadi, nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Feb 2015 07:34 |
Last Modified: | 04 Feb 2015 07:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1025 |
Actions (login required)
View Item |