PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS IV DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

DESY ANA HERYYANTI, 17205153337 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS IV DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (353kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (340kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (318kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Desy Ana Heryyanti, NIM. 17205153337, pembimbing Bapak Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH), Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran fikih yang mengalami berbagai hambatan salah satunya yaitu kurangnya model pembelajaran variatif dalam proses pembelajaran karena dalam proses pembelajaran masih menggunakan model konvensional seperti ceramah, sehingga siswa kurang maksimal menerima materi. Agar mata pelajaran fikih dapat diterima dengan baik dan lebih bermakna oleh siswa sehingga dapat menjadi pedoman hidup maka upaya untuk meminimalisir hambatan tersebut menurut peneliti model pembelajaran yang tepat diterapkan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe course review horay, dimana model ini mengajak siswa untuk bekerjasama dengan sesama teman dan siswa bisa belajar sambil bermain, karena permainan dalam model ini siswa yang berhasil menjawab benar wajib berteriak horay atau yel-yel lain sesuai kesepakatan kelompok. Dengan begitu model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dapat menciptakan pengajaran yang menarik agar siswa tidak cepat bosan terhadap suatu pelajaran dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta konsentrasi siswa dapat meningkat, sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung?, (2) Adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung?, (3) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pola penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design serta menggunakan metode angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Wates dengan sampel dari penelitian ini seluruh siswa kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Wates yang terdiri dari kelas IVA sebanyak 22 siswa dan kelas IVB sebanyak 22 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data uji gain score dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay (CRH) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung, hal itu terbukti dari uji gain score yang menggunakan uji-t menghasilkan thitung yang lebih besar dari ttabel yaitu ttabel sebesar 2,018 dan thitung 2,376 dan nilai sig. (2-tailed) 0,022 < 0,05. (2) adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung, terbukti dari hasil uji gain score yang menggunakan uji-t nilai thitung yang lebih besar dari ttabel yaitu dengan nilai 2,625 > 2,018 dan nilai sig. (2-tailed) 0,012 < 0,05. (3) Pada pengujian yang dilakukan secara bersama-sama menggunakan uji MANOVA mendapatkan nilai sig. yang lebih kecil dari taraf signifikan 5% yaitu 0,001 < 0,05, sehingga dari nilai perhitungan sig. uji MANOVA tersebut membuktikan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay (CRH) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153337 DESY ANA HERYYANTI
Date Deposited: 10 May 2019 02:15
Last Modified: 10 May 2019 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10770

Actions (login required)

View Item View Item