IKA ROHMATIKA ZAHRO’, 17201153214 (2019) PENGARUH KOMUNIKASI ANTARA GURU DENGAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR AL QUR’AN HADIS SISWA DI SMP ISLAM GANDUSARI TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (158kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (251kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (520kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (331kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (159kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Komunikasi Antara Guru Dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Al Qur’an Hadis Siswa Di SMP Islam Gandusari Trenggalek” ini ditulis oleh Ika Rohmatika Zahro’, NIM. 17201153214, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Komunikasi, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi keberhasilan proses belajar mengajar ditentukan oleh faktor guru. Keberhasilan guru dalam interaksi dengan siswa dapat mempengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar. Rumusan Masalah (1) Adakah pengaruh komunikasi antara guru dengan siswa terhadap motivasi belajar Al Qur’an Hadis siswa di SMP Islam Gandusari Trenggalek? (2) Adakah pengaruh komunikasi antara guru dengan siswa terhadap hasil belajar Al Qur’an Hadis siswa di SMP Islam Gandusari Trenggalek? (3)Adakah pengaruh komunikasi antara guru dengan siswa terhadap motivasi belajar dan hasil belajar Al Qur’an Hadis siswa di SMP Islam Gandusari trenggalek? Tujuan Penelitian (1) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi antara guru dengan siswa terhadap motivasi belajar Al Qur’an Hadis siswa di SMP Islam Gandusari Trenggalek, (2) Untuk mengetahui komunikasi antara guru dengan siswa terhadap hasil belajar Al Qur’an Hadis siswa di SMP Islam Gandusari Trenggalek, (3) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi antara guru dengan siswa terhadap motivasi belajar dan hasil belajar Al Qur’an Hadis siswa di SMP Islam Gandusari Trenggalek. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian yang berjumlah 125 orang. Dengan jumlah sampel 63 orang. Variabel bebas: komunikasi antara guru dengan siswa. Variabel terikat: motivasi dan hasil belajar. Sumber data: Responden dan Dokumentasi. Teknik pengumpulan data: angket dan nilai hasil ulangan harian. Teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, homegenitas, linieritas, uji t test dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara komunikasi antara guru dengan siswa terhadap motivasi belajar Al Qur’an Hadis siswa di SMP Islam Gandusari Trenggalek. Hal ini berdasarkan uji t test diperoleh nilai signifikansi 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima. (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara komunikasi guru dengan siswa terhadap hasil belajar Al Qur’an Hadis siswa di SMP Islam Gandusari Trenggalek. Hal ini berdasarkan uji t test diperoleh nilai signifikansi 0,000. Karena signifikan < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. (3) ada pengaruh positif dan signifikan antara komunikasi guru dengan siswa terhadap motivasi belajar dan hasil belajar Al Qur’an Hadis siswa di SMP Islam Gandusari Trenggalek. Hal ini berdasarkan uji Multivariate Test dengan perhitungan Pillae Trace, Wilk Lamda, Hotelling Trace, Roy’s Largest Root diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153214 IKA ROHMATIKA ZAHRO’ |
Date Deposited: | 09 May 2019 06:21 |
Last Modified: | 09 May 2019 06:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10963 |
Actions (login required)
View Item |