PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS XI DI MA AL-HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT BLITAR

YULI PUSPITARINI, 17201153170 (2019) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS XI DI MA AL-HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Karakter Siswa Kelas XI di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar” ini ditulis oleh Yuli Puspitarini NIM 17201153170, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Di Bimbing oleh Drs. H. Jani Jani, M.,M M.Pd. NIP 19660210 1985503 1 001. Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Lingkungan Masyarakat dan Karakter Siswa Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena nahwa di era yang semakin global ini tuntutan adanya sumber daya manusia yang berkualitas dan berwawasan tidak hanya dalam bidang ilmu pengetahuan umum saja, tetapi juga harus didasari dengan akhlak yang karimah, memiliki nilai karakter yang luhur, sehingga mampu mengendalikan diri dari pengaruh budaya yang serba membolehkan mengiringi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah lingkungan belajar dengan karakter siswa di Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap karakterter siswa kelas XI di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. (2) Adakah pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap karakterter siswa kelas XI di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. (3) Adakah pengaruh yang signifikan antara lingkungan masyarakat terhadap karakterter siswa kelas XI di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. (4) Adakah pengaruh yang signifikan secara bersamasamanatara lingkungan keluarga , lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat terhadap karakterter siswa kelas XI di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan keluarga terhadap karakter siswa kelas XI di MA Al-hikmah Langkapan Srengat Blitar. (2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan sekolah terhadap karakter siswa kelas XI di MA Al-hikmah Langkapan Srengat Blitar. (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan masyarakat terhadap karakter siswa kelas XI di MA Al-hikmah Langkapan Srengat Blitar. (4) Mengetahui ada tidaknya pengaruh secara bersama-sama antara lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat terhadap karakter siswa kelas XI di MA Al-hikmah Langkapan Srengat Blitar. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-postfacto. Tehnik sampling yang digunakan simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA Alhikmah Langkapan Srengat Blitar dengan jumlah 137 siswa. Sampel yang diambil adalah siswa kelas XI dengan jumlah 34 siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : (1) Ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap karakter siswa kelas XI di MA Al hikmah Langkapan Srengat Blitar. Berdasarkan hasil H1 diterima karena thitung 4,557 > niali rtabel 0,344 dan nilai signifikasi 0,000< 0,05. (2) Ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap karakter siswa kelas XI di MA Al-hikmah Langkapan Srengat Blitar. Berdasarkan hasil H1 diterima karena thitung 5,460 > nilai rtabel 0,344 dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap karakter siswa kelas XI di MA Al-hikmah Langkapan Srengat Blitar. Berdasarkan hasil H1 diterima karena t hitung 2,286> nilai rtabel 0,344 dan nilai signifikasi 0,0029< 0,05. (4) Ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat terhadap karakter siswa kelas XI di MA Al-hikmah Langkapan Srengat Blitar. Berdasarkan hasil H1 diterima karena thitung 5,460 > nilai rtabel 0,344 dan nilai signifikasi 0,0097< 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153170 YULI PUSPITARINI
Date Deposited: 26 Jul 2019 04:16
Last Modified: 26 Jul 2019 04:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12435

Actions (login required)

View Item View Item