Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012

Khanifatul, Anizar (2012) Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012. [ Skripsi ]

[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I repisiiiiiiiiii.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB II repisiiiiiiiiiiii.docx

Download (62kB)
[img] Text
BAB III repisiiiiiiiiiiiiiiiiiiii.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB IV repisiiiiiiiiiiiiiiiiiiii.docx

Download (112kB)
[img] Text
BAB V repisiiiiiiiiiiiiiiiiiii.docx

Download (17kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (115kB)
[img] Text
DEPAN.docx

Download (147kB)
[img] Text
logo besar.docx

Download (90kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual Berbasis Guided Inquiry, Hasil belajar matematika Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya ketakutan para siswa dalam mempelajari Matematika dan menyebabkan hasil belajarnya rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Matematika kurang bervariasi. Bahkan masih ada guru yang menggunakan pembelajaran tradisional yaitu hanya mentransfer pengetahuannya kepada siswa sehingga siswa bersifat pasif. Dalam pembelajaran matematika ada beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan membuat siswa aktif. Salah satunya adalah pembelajaran kontekstual berbasis guided inquiry. Dengan guided inquiry, siswa dibimbing untuk menemukan sendiri materi yang dipelajarinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan pembelajaran kontekstual berbasis guided inquiry dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas III MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012? 2) Apakah penerapan pembelajaran kontekstual berbasis guided inquiry dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas III MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendiskripsikan penerapan pembelajaran kontekstual berbasis guided inquiry yang dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas III MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012 2) Mendiskripsikan hasil belajar Matematika siswa kelas III MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012 yang dalam pembelajarannya diterapkan pembelajaran kontekstual berbasis guided inquiry. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang didesain dengan menggunakan model siklus Kemmis & Mc. Taggart. Dimana dalam pelaksanaan tindakan PTK ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dengan tujuan untuk membandingkan nilai sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual berbasis guided inquiry memberikan banyak kontribusi diantaranya siswa menjadi terlatih untuk menemukan sendiri materi yang dipelajarinya sehingga siswa semakin aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan siswa terlatih bekerjasama dalam kelompok serta dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang cukup memuaskan tiap siklusnya. Hal tersebut dapat diketahui dari indikator keberhasilan yang berupa nilai hasil belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 72,5 yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 85,63 dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 13,13. Berdasarkan data tersebut terlihat bahwa penerapan pembelajaran kontekstual berbasis guided inquiry dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas III MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 08 May 2015 08:29
Last Modified: 08 May 2015 08:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1555

Actions (login required)

View Item View Item