Septiana, Wulandari (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Alat Peraga Bangun Datar Pada Siswa Kelas II-A MI Arrahmah Purwotengah Papar Kediri Semester II Tahun Ajaran 2011-2012. [ Skripsi ]
Text
BAB I.docx Download (36kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (48kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (33kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (93kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (19kB) |
|
Text
COVER DEPAN.docx Download (90kB) |
|
Text
cover smpai abstrak.docx Download (116kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN..docx Download (16kB) |
Abstract
Kata Kunci : Hasil Belajar, Kajian Matematika, Penggunaan Alat Peraga Bangun Datar Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti pada pembelajaran Matematika di kelas II-A MI Arrahmah Purwotengah Papar Kediri menunjukkan bahwa hasil belajar siswa rendah. Salah satu penyebabnya adalah selama ini guru cenderung memakai metode ceramah dalam menyampaikan materi sehingga siswa tidak termotivasi dalam belajar dan merasa bosan dengan suasana tersebut. Oleh karena itu perlu adanya alat peraga pembelajaran yang baru yang akan membuat siswa termotivasi dalam belajar sehingga hasil belajarpun ikut meningkat yaitu dengan Penggunaan Alat Peraga Bangun Datar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penggunaan alat peraga bangun datar dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas II-A MI ARRAHMAH Purwotengah Papar Kediri ? (2) Apakah dengan alat peraga bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas II-A MI ARRAHMAH Purwotengah Papar Kediri ? Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan penggunaan alat peraga bangun datar dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas II-A MI AR RAHMAH Purwotengah Papar Kediri setelah menggunakan alat peraga bangun datar. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas II-A MI AR RAHMAH Purwotengah Papar Kediri setelah menggunakan alat peraga bangun datar. Sedangkan hipotesis tindakan adalah “Jika alat peraga bangun datar digunakan dalam pembelajaran Matematika maka akan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas II-A MI ARRAHMAH Purwotengah Papar Kediri. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sedangkan desain penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Dalam penelitian ini subjek penelitian adalah siswa kelas II-A MI ARRAHMAH Purwotengah Papar Kediri . Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, angket, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil pengamatan dari 2 pengamat menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga bangun datar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dari 86,66% pada siklus I menjadi 93,33% pada siklus II. Sedangkan dari hasil tes yang telah dilaksanakan diperoleh data sebagai berikut : (1) Nilai rata-rata pada Siklus I adalah tes awal 57,36 tes akhir 68,42 dan (2) Nilai rata-rata pada Siklus II tes awal 86,84 dan tes akhir 94,75.Sehingga dari hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan alat peraga bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pokok bahasan pengenalan alat peraga bangun datar pada siswa kelas II-A MI ARRAHMAH Purwotengah Papar Kediri . Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti manyarankan sebaiknya bagi guru yang menghadapi kendala dalam proses pembelajaran diharapkan menggunakan alat peraga bangun datar, karena penelitian ini membuktikan bahwa dengan menggunakan alat peraga bangun datar hasil belajar siswa dapat meningkat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 08 May 2015 08:39 |
Last Modified: | 08 May 2015 08:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1558 |
Actions (login required)
View Item |