Luthvi Ani, Sa'ida (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDI Miftahul Ulum Bendosari Kras Kediri. [ Skripsi ]
|
Text
1. SAMPUL.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
4. MOTTO.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
5. PERSEMBAHAN.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR BAGAN.pdf Download (4kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
12. ABSTRAK.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 SKRIPSI ANI.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II SKRIPSI ANI.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III SKRIPSI ANI.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV SKRIPSI ANI.pdf Download (935kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V SKRIPSI ANI.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
1. RPP SIKLUS 1.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
2. Kunci Jawaban.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
2. Soal Pra Test.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
2. Validasi Soal Pre Test.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
3. Kegiatan Pembelajaran Model Make A Match.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
4. Kunci Jawaban.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
4. Soal Post Tes SIiklus 1.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
4. Validasi Soal Siklus 1.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
5. Format Aktivitas Peneliti Siklus 1.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
6. Format Aktivitas Siswa Siklus 1.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
7. RPP SIKLUS 2.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
8. Kegiatan Pembelajaran Model Make A Match.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
9. Kunci Jawaban.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
9. Soal Post Test Siklus 2.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
9. Validasi Soal Post Test Siklus 2.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
10. Format Aktivitas Peneliti Siklus II.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
11. Format Aktivitas Siswa Siklus II.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
12. Pedoman dan Hasil Wawancara Kepala Sekolah.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
13. Pedoman dan Hasil Wawancara Guru Kelas.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
14. Pedoman dan Hasil Wawancara Siswa.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
15. Hasil Hitungan Angket Siswa.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
15. Pedoman Angket Siswa.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
16. Dokumentasi Tindakan.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
17. Denah Sekolah SD Islam Miftahul Ulum.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
17. Sejarah Lembaga Pendidikan Islam Miftahul Ulum.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
17. Struktur Organisasi SD Islam Miftahul Ulum.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
18. Surat Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
19. Buku Bimbingan Skripsi.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
20. Surat Selesai Bimbingan Skripsi.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
21. Lampiran Surat Ijin Penelitian.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
22. Lampiran Surat Keterangan Penelitian dari SDI Miftahul Ulum.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
22. Surat Keterangan Penelitian dari SDI Miftahul Ulum.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
23. Biodata Penulis.pdf Download (63kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDI Miftahul Ulum Bendosari Kras Kediri” ini ditulis oleh Luthvi Ani Sa’ida, NIM. 3217113061, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Dr. Eni Setyowati, S. Pd. MM. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Pembelajaran, Make A Match. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran IPA disekolah, dimana hasil belajar siswa masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan model Make A Match. Penggunaan model Make A Match , yaitu model pembelajaran mencari pasangan dengan menemukan kartu untuk menemukan jawaban / soal dimana dalam tahap penerapanya meliputi, pembagian kartu pada setiap siswa, pencarian pasangan, pemberian poin sekaligus pengoreksian. Dalam proses belajar mengajar diharap dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar IPA, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada mata pelajaran IPA materi sumber energi, kegunaanya dan cara menghemat untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDI Miftahul Ulum Bendosari Kras Kediri?, 2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperati tipe Make A Match pada mata pelajaran IPA materi sumber energi, kegunaanya dan cara menghemat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDI Miftahul Ulum Bendosari Kras Kediri? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada mata pelajaran IPA materi sumber energi, kegunaanya dan cara menghemat untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDI Miftahul Ulum Bendosari Kras Kediri ?, 2) Meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi sumber energi, kegunaanya dan cara menghemat untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDI Miftahul Ulum Bendosari Kras Kediri ? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDI Miftahul Ulum Bendosari Kras Kediri. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber energi, kegunaanya dan cara menghemat. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar peserta didik pada tes siklus I yakni sebesar 52,38 % yang sebelumnya pada pelaksanaan pre tes hanya sebesar 28,57 %, dan selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 80,95 %. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDI Miftahul Ulum Bendosari Kras Kediri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Luthvi ana saida |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 07:31 |
Last Modified: | 30 Jul 2015 07:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1623 |
Actions (login required)
View Item |