ROHMAH, BALQIS FAUZATUL (2015) PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV-A PADA MATA PELAJARAN FIQIH POKOK BAHASAN INFAK DAN SEDEKAH DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (106kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (200kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (154kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (198kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (23kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (19kB) |
||
|
Text
LEMBAR KERJA KELOMPOK.pdf Download (4kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR OBSERVASI PENELITI sik.1.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR OBSERVASI PENELITI sik.2.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
rpp SIK.1.pdf Download (25kB) | Preview |
|
Text
rpp SIK.2.pdf Download (25kB) |
||
|
Text
VALIDASI.pdf Download (66kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skipsi dengan judul “Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV-A pada Mata Pelajaran Fiqih Pokok Bahsan Infak dan Sedekah di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung.” ini ditulis oleh Balqis Fauzatul Rohmah dibimbing oleh Drs Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci: Metode Cooperative Integrated Readnig and Composition, (CIRC), Hasil Belajar, Fiqih Latar Belakang : Ilmu Fiqih sangat penting untuk menjalani semua kegiatan dalam kehidupan ini, baik itu hubungan antara manusia dengan Maha Pencipta maupun manusia dengan sesama makhluk. Untuk memahami segala ilmu, khususnya pada mata pelajaran Fiqih tidak terlepas dari kegiatan membaca. Salah satu metode pembelajaran yang menerapkan kegiatan membaca sekaligus kegiatan untuk bersosialisasi adalah metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Tujuan utama menggunakan metode CIRC dalam pembelajaran adalah untuk meningkatkan minat baca peserta didik dan meningkatkan hasil belajar yang rendah. Tujuan Penelitian :1) Untuk mendeskripsikanpenerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada mata pelajaran Fiqih pokok bahasan Infak dan Sedekah siswa kelas IV-A di MI Tarbiayatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajarsiswa kelas IV-A dengan penerapan metodeCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)pada mata pelajaran Fiqih pokok bahasan Infak dan Sedekah di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung pada bulan 28 Maret – 29 April 2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus tindakan. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV-A dengan jumlah 17 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Ketuntasan belajar siswa dicapai bila siswa memperoleh nilai 70 atau lebih. Hasil penelitian yaitu:hasil post test pada siklus I dan siklus II yang menyebutkan adanya penigkatan hasil belajar.Semula nilai rata-rata tes awal (pre test) 66,47 dan pada post test siklus I nilai rata-ratanya menjadi 70 dengan persentase ketuntasan belajar70,58%, yang berarti bahwa persentase ketuntasan belajar masih dibawah kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan, yaitu 75%. Pada siklus berikutnya, yaitu siklus II terdapat peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata menjadi 82,23. Presentase pada ketuntasan belajar siswa pada siklus II sudah memenuhi kriteria ketuntasan yang telah ditentukan, yaitu 100%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | BALQIS FAUZATUL ROHMAH |
Date Deposited: | 15 Jul 2015 02:33 |
Last Modified: | 15 Jul 2015 02:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1658 |
Actions (login required)
View Item |