PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III B MIN KOLOMAYAN WONODADI BLITAR

ZULFA, DESI IMATUL (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III B MIN KOLOMAYAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (279kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 1 RPP Energi Siklus I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 2 Soal Pre Test.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 3 Rekapitulasi Hasil Pre Test.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 4 Kartu Soal Talking Stick Siklus I.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 5 Post Test Siklus I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 6 Rekapitulasi Hasil Post Test Siklus I.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 7 Format Observasi Aktivitas Peneliti Siklius I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 8 Format Observasi Aktivitas Siswa Siklus I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
Lampiran 9 Format Observasi Aktivitas Peneliti Pertemuan Ke 2.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Lampiran 10 Format Observasi Aktivitas Siswa Pertemuan Ke 2.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Lampiran 11 RPP Siklus II.pdf

Download (416kB)
[img]
Preview
Text
Lampiran 12 Kartu Soal Talking Stick Siklus II.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 13 Post Test Siklus II.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 14 Rekapitulasi Hasil Post Test Siklus II.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 15 Format Observasi Aktivitas Peneliti Siklus II.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
Lampiran 16 Format Observasi Aktivitas Siswa Siklus II.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Lampiran 17 Pedoman Wawancara Guru.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Lampiran 18 Pedoman Wawancara Siswa.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Lampiran 19 Dokumentasi Tindakan.pdf

Download (391kB)
[img]
Preview
Text
Lampiran 20 Lembar Validasi Siklus I.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 21 Lembar Validasi Siklus II.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 22 Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 23 Profil MIN KOLOMAYAN.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 24 Nama Siswa Kelas III B.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 25 Daftar Nilai Ulangan Siswa.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 26 Kartu Bimbingan.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 26 Kartu Bimbingan fiks.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 27 Surat Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text
Lampiran 28 BIODATA PENULIS.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Lampiran 29 SURAT KETERANGAN PENELITIAN.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Lampiran 29 SURAT KETERANGAN PENELITIAN fiks.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Lampiran 30 Surat Izin Penelitian.pdf

Download (214kB)
[img] Text
Lampiran 31 Laporan Selesai Bimbingan.pdf

Download (177kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA siswa kelas III-B MIN Kolomayan Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Desi Imatul Zulfa, NIM. 3217113022, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Moh.Arif, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Talking Stick, Hasil BelajaR IPA. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini disebakkan karena proses pembelajaran cenderung monoton, guru masih menggunakan metode-metode konvensional yaitu, ceramah, tanya jawab, penugasan dan mencatat. Kendali lain yang dialami yaitu kurangnya kepedulian orangtua siswa akan pentingnya belajar, Dengan demikian, peneliti mencoba menyelesaikan masalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Peneliti berharap dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe talking stick, siswa lebih semangat untuk belajar dan siswa lebih mudah memahami materi sehingga hasil belajar siswa meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan pengaruhnya siswa kelas III-B MIN Kolomayan Wonodadi Blitar? (2) Apakah ada peningkatan hasil belajar IPA pokok bahasan energi dan pengaruhnya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick siswa kelas III B MIN Kolomayan Wonodadi Blitar? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan pengaruhnya siswa kelas III-B MIN Kolomayan Wonodadi Blitar. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan energi dan pengaruhnya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick siswa kelas III-B MIN Kolomayan Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III B MIN Kolomayan Wonodadi Blitar. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria KKM 75. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 71,74 (65,21%) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 94,10 (90,90%) dan berada pada kriteria sangat baik. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III-B MIN Kolomayan Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: DESI IMATUL ZULFA
Date Deposited: 07 Jul 2015 04:07
Last Modified: 07 Jul 2015 04:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1678

Actions (login required)

View Item View Item