STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA HOME INDUSTRY KERUPUK (Studi Kasus Pada Home Industry Kerupuk Desa Segodorejo Sumobito Jombang)

NADHIRO OKTA KUSMIAH, 17209163044 (2021) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA HOME INDUSTRY KERUPUK (Studi Kasus Pada Home Industry Kerupuk Desa Segodorejo Sumobito Jombang). [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (13MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (12MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (12MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (12MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (13MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan pada Home Industry Kerupuk (Studi Kasus pada Home Industry Kerupuk Desa Segodorejo Sumobito Jombang)” ini ditulis oleh Nadhiro Okta Kusmiah, NIM.17209163044. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. IAIN Tulungagung. Dosen Pembimbing Anggoro Putranto, Msc. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Penjualan, Home Industry Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Home Industry kecil yang ada di pedesaan mengenai tentang pemasaran. Pemasaran merupakan proses pertukaran produk dengan nilai barang dan jasa antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Dengan semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis, maka perusahaan membutuhkan suatu strategi yang baik agar mampu mengantisipasi dampak tersebut. Strategi pemasaran dalam Home Industry sangatlah penting yang dijadikan dalam menjalankan sebuah usaha. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana sistem permodalan, proses produksi dan tenaga kerja dalam meningkatkan penjualan pada home industry kerupuk Desa Segodorejo Sumobito Jombang?, (2) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan penjualan home industry kerupuk Desa Segodorejo Sumobito Jombang?, (3) Bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada home industry kerupuk Desa Segodorejo Sumobito Jombang? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti mendeskripsikan objek dengan mencatat data yang ada dalam didalam objek penelitian tersebut. Metode pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan metode analisis interaktif. Data yang sudah diperoleh di lapangan dianalisis yang kemudian disajikan secara sistematis untuk memperoleh suatu kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa (1) modal para home industry kerupuk Desa Segodorejo menggunakan modal sendiri yang merupakan modal yang berasal dari orang tua dan pinjaman saudara; tenaga kerja berasal dari sekitar lokasi usaha, sistem pekerjaan terdiri dari sistem borongan dan harian, proses produksi kerupuk meliputi membuat adonan bubur, molen, balok, cetak, pengukusan (Langseng), pengeringan (Oven), penjemuran, dan keprak; teknologi yang digunakan untuk produksi menggunakan mesin hidrolik.(2) Faktor pendukung home industry kerupuk Desa Segodorejo yaitu sumber daya manusia dan adanya mesin oven untuk mengeringkan kerupuk dan adanya alat transportasi; faktor penghambat seperti adanya kenaikan harga bahan baku, pemadaman listrik, dan mesin produksi rusak. (3) Strategi pemasaran yang digunakan yaitu strategi produk (product) dengan meningkatkan kualitas bahan baku dan proses produksi, harga (Price) didasarkan pada harga bahan baku dan harga jual di pasaran, promosi (promotion) dilakukan dari mulut ke mulut dan mengikuti kegiatan pameran yang diselanggarakan tingkat kabupaten, tempat distribusi (place) yang diakses dalam kota dan luar kota dengan mendistribusikan kerupuk mentah dan kerupuk matang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S1 17209163044 NADHIRO OKTA KUSMIAH
Date Deposited: 27 May 2021 02:45
Last Modified: 27 May 2021 02:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19411

Available Versions of this Item

  • STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA HOME INDUSTRY KERUPUK (Studi Kasus Pada Home Industry Kerupuk Desa Segodorejo Sumobito Jombang). (deposited 27 May 2021 02:45) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item