PENGARUH TEKNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BERKOMUNIKASI PADA SISWA KELAS X SMK DARUSSALAM CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

ARISA DWI LESTARI, 17306163090 (2021) PENGARUH TEKNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BERKOMUNIKASI PADA SISWA KELAS X SMK DARUSSALAM CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)

Abstract

Arisa Dwi Lestari, NIM 17306163090, Pengaruh Teknik Diskusi Kelompok Untuk Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas X SMK Darussalam Campurdarat Tulungagung. Skripsi, Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Progam Sarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Citra Ayu Kumalasari, M.Psi. Kata Kunci: Diskusi Kelompok, Kecemasan berkomunikasi, Mengurangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik diskusi kelompok untuk mengurangi kecemasan berkomunikasi pada siswa kelas X SMK Darussalam Campurdarat Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non equivalen control group design pretest posttest group design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling, dengan menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penlitian. Sehingga diketahui pada penelitian ini terdapat 40 siswa kelas X sebagai populasi dengan hasil angket pretest terdapat 12 siswa yang memiliki tingkat kecemasan berkomunikasi tinggi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 12 yang memiliki tingkat kecemasan berkomunikasitinggi, kemudian dibagi menjadi 6 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 6 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengukuran skala kecemasan berkomunikasi siswa menggunakan uji hipotesis independent samples test, hasil yang di peroleh yaitu nilai t hitung diketahui sebesar 17.305 dengan df 10 diketahui nilai t tabel sebesar 2.228, serta diketahui bahwa nilai mean kelompok eksperimen sebesar 90.50 dan nilai mean kelompok kontrol sebesar 161.50 yang menunjukan terjadinya penurunan sesudah diberikan perlakuan pada kelompok eksperimen. Adapun dari hasil perhitungan menggunakan N-Gain Score untuk kelompok eksperimen 112.99% > 76% termasuk dalam kategori efektifitas tinggi. Sementara untuk rata-rata N-Gain Score kelompok kontrol adalah sebesar 24.03% < 40% termasuk dalam katergori tidak efektiftas rendah. Sehingga dapat dikatakan bahwa layanan dengan teknik diskusi kelompok efektif untuk mengurangi kecemasan berkomunikasi siswa. Berdasarkan temuan penelitian, nilai rata-rata kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan mengalami penurunan perilaku kecemasan berkomunikasi siswa. Sehingga dapat dikatakan bahwa layanan dengan teknik diskusi kelompokberpengaruh dalam mengurangi kecemasan berkomunikasi siswa kelas X SMK Darussalam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Psikologi > Psikologi pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: S1 17306163090 Arisa Dwi lestari
Date Deposited: 23 Jul 2021 02:19
Last Modified: 12 Nov 2021 04:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20066

Actions (login required)

View Item View Item