PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM BERBANTUAN ANIMASI POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

DEWI YOHANIDA, 12204173224 (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM BERBANTUAN ANIMASI POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (337kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (616kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (515kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan Media Google Classroom Berbantuan Animasi PowerPoint terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Dewi Yohanida, NIM. 12204173224, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Google Classroom, Animasi PowerPoint, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masuknya pandemi Covid-19 di Indonesia yang mengharuskan segala aktivitas, termasuk sekolah dilakukan dari rumah. Hal ini menuntut guru dan siswa untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring. Penggunaan media Google Classoom pun dimanfaatkan untuk melaksanakan proses pembelajaran daring. Aplikasi ini menyediakan fitur yang dapat mempermudah siswa dalam untuk belajar. Selain itu, penyampaian materi menggunakan bantuan animasi PowerPoint menjadikan materi pembelajaran simpel, menarik, dan menyenangkan. Sehingga dapat membantu mengatasi kesulitan siswa dalam kegiatan pembelajaran daring. Seperti halnya pada mata pelajaran matematika yang dianggap sulit karena konsep matematika yang bersifat abstrak yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring menggunakan media Google Classroom berbantuan animasi PowerPoint terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasy-experiment dengan metode post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas VIII-I sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-J sebagai kelas eksperimen. Mata pelajaran yang diteliti adalah matematika dengan materi bangun ruang sisi datar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan tes. Adapun teknik analisis data adalah uji t berbantuan SPSS 24.00 for windows. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring menggunakan media Google Classroom berbantuan animasi PowerPoint terhadap hasil belajar siswa SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Hal ini berdasarkan pada nilai Sig. yang diperoleh pada uji t sebesar 0,000 yang berarti bahwa Sig. <0,05 sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173224 DEWI YOHANIDA
Date Deposited: 16 Aug 2021 04:03
Last Modified: 16 Aug 2021 04:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20848

Actions (login required)

View Item View Item