LIFIA INDRIA ARDANI, 12204173225 (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN “WHATSAPP GROUP” DENGAN BANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 5 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]
|
Text
COVER .pdf Download (745kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (166kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan “WhatsApp Group” dengan Bantuan Video Pembelajaran terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV Kelas VIII SMP Negeri 5 Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Lifia Indria Ardani, NIM. 12204173225 yang dibimbing oleh Bapak Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, WhatsApp Group, Video Pembelajaran, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemandirian belajar siswa dalam kegiatan belajar untuk meyelesaikan suatu masalah dan rendahnya hasil belajar siswa dengan ketidak aktifan siswa. Rendahnya kemandirian dan hasil belajar yang dimiliki siswa diakibatkan oleh pembelajaran daring dimana dalam pembelajaran guru hanya memberikan materi dan tugas kepada siswa, siswa merasa sulit memahami materi yang diberikan, siswa tidak aktif bertanya. Sehingga diperlukan model pembelajaran yang bisa membuat siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran ataupun setelah mengikuti pembelajaran. Salah satunya yaitu dengan model pembelajaran daring dengan menggunakan “WhatsApp Group” dengan bantuan video pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring menggunakan “WhatsApp Group” dengan bantuan video pembelajaran terhadap kemandirian belajar matematika, 2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring menggunakan “WhatsApp Group” dengan bantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, 3) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring menggunakan “WhatsApp Group” dengan bantuan video pembelajaran terhadap kemandirian dan hasil belajar matematika materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Quasi Experimental Design. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket dan, tes. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji t dan uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data diketahui: 1) ada pengaruh pembelajaran daring menggunakan “WhatsApp Group” dengan bantuan video pembelajaran terhadap kemandirian belajar matematika materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 5 Tulungagung yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,045 < 0,05. 2) ada pengaruh pembelajaran daring menggunakan “WhatsApp Group” dengan bantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar matematika materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 5 Tulungagung yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,018 < 0,05. 3) ada pengaruh pembelajaran daring menggunakan “WhatsApp Group” dengan bantuan video pembelajaran terhadap kemandirian dan hasil belajar matematika materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 5 Tulungagung tahun ajaran 2020/2021 yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,037 < 0,05. Sehingga keputusannya H0 tolak H1 terima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173225 Lifia Indria Ardani |
Date Deposited: | 23 Aug 2021 04:33 |
Last Modified: | 23 Aug 2021 04:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21233 |
Actions (login required)
View Item |