ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DARING BUATAN MAHASISWA MAGANG JURUSAN TADRIS BIOLOGI IAIN TULUNGAGUNG ANGKATAN 2017 BERDASARKAN KESESUAIAN DAN KELENGKAPAN KOMPONEN ISI

EVI CITASARI, 12208173062 (2021) ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DARING BUATAN MAHASISWA MAGANG JURUSAN TADRIS BIOLOGI IAIN TULUNGAGUNG ANGKATAN 2017 BERDASARKAN KESESUAIAN DAN KELENGKAPAN KOMPONEN ISI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (590kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Daring Buatan Mahasiswa Magang Jurusan Tadris Biologi IAIN Tulungagung Angkatan 2017 Berdasarkan Kesesuaian dan Kelengkapan Komponen Isi” ini ditulis oleh Evi Citasari, NIM 12208173062 dengan dosen pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci: Isi, Komponen, RPP Daring RPP menjadi salah satu perangkat pembelajaran yang sangat penting dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran. RPP berkaitan dengan kompetensi pedagogik yang harus dimiliki oleh setiap guru sebagai tenaga pendidik sehingga menjadi suatu keharusan bagi setiap pendidik untuk menyusun dan membuat RPP. Supaya kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar, maka dalam penyusunan RPP harus memperhatikan kaidah-kaidah yang berlaku. Tidak hanya diwajibkan untuk guru, kemampuan untuk menyusun RPP juga harus dimiliki oleh mahasiswa magang yang sedang menempuh mata kuliah magang. Magang merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa yang bertujuan supaya mahasiswa sebagai calon guru terampil dalam menyusun perangkat pembelajaran serta terampil dalam melaksanakan praktik pembelajaran di kelas yang sesungguhnya, dimana pada kegiatan ini mahasiswa dihadapkan langsung dengan peserta didik dengan berbagai latar belakang yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskrispsikan kelengkapan komponen RPP daring buatan mahasiswa magang jurusan tadris Biologi IAIN Tulungagung angkatan 2017, 2) mendeskripsikan kesesuaian isi komponen RPP daring yang dibuat oleh mahasiswa magang jurusan Tadris Biologi IAIN Tulungagung angkatan 2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi. Studi dokumentasi dilakukan dengan menganalisis komponen-komponen yang terdapat pada RPP daring. Analisis RPP dilakukan dengan mengisi pedoman penelaahaan pada instrumen yang dikembangkan dari penelitian yang telah ada yang dipadukan dengan Permendikbud dan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.14 Tahun 2019. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) kelengkapan komponen RPP daring memperoleh nilai sebesar 98,4% dan dinyatakan dalam kategori sangat baik dengan rincian sebagai berikut: identitas mata pelajaran yang terdiri dari 5 aspek (satuan pendidikan, kelas/semester, mata pelajaran, materi pokok dan alokasi waktu) masing-masing memperoleh nilai sebesar 100%, kompetensi dasar memperoleh nilai 86,6%, tujuan pembelajaran memperoleh nilai 100%, media pembelajaran memperoleh nilai 100%, sumber belajar memperoleh nilai 93,3%, langkah-langkah kegiatan pembelajaran (pendahuluan, inti, penutup) masing-masing memperoleh nilai 100%, penilaian memperoleh nilai 100%. Artinya 13,4% belum mencantumkan kompetensi dasar dan 6,7% belum mencantumkan sumber belajar. Mengacu pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah maka aspek tersebut perlu dilengkapi. 2) kesesuaian isi pada komponen RPP daring memperoleh nilai sebesar 89,4% dan dinyatakan dalam kategori baik dengan rincian sebagai berikut: sebanyak 68% tujuan pembelajaran sudah mengandung aspek ABCD, 97,7% menggunakan sumber belajar lebih dari satu yang mendukung tercapainya KD, 80% apersepsi dan motivasi pada kegiatan pendahuluan telah dinyatakan secara jelas, 64,4% sudah menuliskan alokasi waktu pada tiap tahapan pembelajaran, 95,5% tahapan pembelajaran telah disesuaikan dengan jenis pembelajaran daring yang digunakan, 71,1% pada kegiatan penutup sudah ada kegiatan menyimpulkan dan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan, 60% telah memberikan tindak lanjut berupa tugas pengayaan/pemantapan serta pemberitahuan kegiatan pada pertemuan selanjutnya dan sebesar 93,3% alat penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan telah dinyatakan secara jelas. Mengacu pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Permendikbud tentang Implementasi Kurikulum 2013 serta Surat Edaran Sekretaris Jenderal No. 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) maka item-item tersebut perlu diperbaiki. Sehingga secara keseluruhan RPP daring buatan mahasiswa magang jurusan Tadris Biologi IAIN Tulungagung angkatan 2017 memperoleh nilai sebesar 94,9% dengan kategori sangat baik. Meskipun mendapatkan kategori sangat baik, tetap perlu adanya perbaikan pada beberapa item yang belum terpenuhi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208173062 Evi Citasari
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:32
Last Modified: 15 Oct 2021 03:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21435

Actions (login required)

View Item View Item