NINING ANGGARA PUTRI, 17209163035 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI MTsN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (642kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (633kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (546kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (488kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (435kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di MTsN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Nining Anggara Putri, NIM 17209163035, Dosen Pembimbing Anggoro Putranto, M.Sc Kata Kunci : Project Based Learning, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran IPS masih menggunakan model ceramah saja tanpa menunjukkan fakta atau peristiwa di sekitar peserta didik, dan dalam pembelajaran di kelas pun dalam keadaan pasif dimana guru yang menjelaskan, peserta didik yang mendengarkan. Dalam proses belajar mengajar di sekolah belum adanya model-model pembelajaran sehingga menyebabkan peserta didik kurang semangat sehingga minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS masih rendah. Dalam upaya meningkatkan minat dan hasil belajar IPS, maka guru dapat menggunakan strategi model pembelajaran yaitu Project Based Learning. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap keaktifan belajar siswa, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-postfacto. Dengan model pembelajaran Project Based Learning sebagai variabel bebas, keaktifan dan hasil belajar IPS sebagai variabel terikat. Instrumen yang digunakan yaitu tes soal, angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yakni kelas VII-L sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa dan kelas VII-J sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi, angket, post-test untuk mengetahui keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap keaktifan belajar yaitu diketahui Sig.(2-tailed) adalah 0,004 < 0,05, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar yaitu diketahui Sig.(2-tailed) adalah 0,002 < 0,05, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Project Besed Learning terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa yaitu harga F untuk Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root pada kelompok memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 17209163035 NINING ANGGARA PUTRI |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 04:11 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 04:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21533 |
Actions (login required)
View Item |