MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Kediri)

WAFNUR HUDA, 12207173013 (2021) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (651kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (768kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (917kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (585kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Kediri)”. Di tulis oleh Wafnur Huda, NIM 12207173013, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, di bimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Prestasi Belajar, Peserta didik Manajemen kesiswaan merupakan suatu proses pengurusan segala hal yang berkaitan dengan siswa disuatu sekolah mulai dari perencanaan, peneriman siswa, pembinaan yang dilakukan selama siswa berada di sekolah, sampai dengan siswa menyelesaikan pendidikannya di sekolah melalui penciptaan suasana pembelajaran kondusif dan konstruktif terhadap berlangsungnya proses kegiatan belajar mengajar atau pembelajaran yang efektif. Kemudian dengan adanya kegiatan-kegiatan penunjang di MTsN 1 Kota Kediri yaitu pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas. Pembinaan yang dilakukan MTsN 1 Kota Kediri dimaksudkan untuk mengembangkan potensi peserta didik yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Dengan demikian, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih mendalam terkait peran manajemen kesiswaan dalam meningkat-kan prestasi belajar siswa di MTsN 1 Kota Kediri. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan penerimaan siswa baru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN 1 Kota Kediri (2) Bagaimana pengelompokan siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN 1 Kota Kediri (3) Bagaimana pembinaan siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN 1 Kota Kediri. Penelitian ini jika dilihat dari sumber datanya, penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang menghasilkan penjelasan deskriptif. Sumber data yang diambil dari kepala sekolah, waka kesiswaan, waka kurikulum, perwakilan guru, dan perwakilan peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara inductive dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi (1) Perencanaan penerimaan siswa baru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN 1 Kota Kediri menghasilkan perencanaan dalam pennerimaan siswa baru sesuai dengan kebijakan yang dirapatkan dan disepakati bersama dalam meningkatkan prestasi belajar siswa (2) Bagaimana pengelompokan siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN 1 Kota Kediri menghasilkan pengelompokan dibagi menjadi pengelompok-an kelas berdasarkan hasil tes penerimaan peserta didik baru dan penilaian akhir tahun, kemudian peserta didik dikelompokan berdasarkan minat dan bakat siswa untuk mengembangkan potensi dan kemampuan siswa diluar jam pembelajaran di kelas, ada kelompok mengaji yang disesuaikan dengan kemampuan dan tingkatan siswa (3) Bagaimana pembinaan siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN 1 Kota Kediri menghasilkan pembinaan disiplin dimana dalam pembinaan ini peserta didik harus mentaati tata tertib atau aturan yang ada di madrasah, peserta didik juga dibina di dalam kelas untuk meningkatkan kajian keilmuan yang ada pada diri peserta didik, dan ada juga pembinaan kegiatan ekstrakurikuler dimana peserta didik dibina dalam meningkatkan potensi yang ada pada diri peserta didik untuk mengikuti lomba mewakili madrasah guna meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207173013 Wafnur Huda
Date Deposited: 14 Sep 2021 03:30
Last Modified: 14 Sep 2021 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22146

Actions (login required)

View Item View Item