ANALISIS STRENGTHS, WEAKNESS, OPPORTUNITIES, THREATS DALAM MENENTUKAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KONVEKSI UD. AL WASILLAH

FARICH JOKO PRAKOSO, 17402163474 (2021) ANALISIS STRENGTHS, WEAKNESS, OPPORTUNITIES, THREATS DALAM MENENTUKAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KONVEKSI UD. AL WASILLAH. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (251kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (470kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats dalam Menentukan Strategi Pengembangan Usaha Konveksi UD. AL Wasillah” ini ditulis oleh Farich Joko Prakoso, NIM 17402163474. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. Pada umumnya, suatu perusahaan yang tengah berkembang memiliki beberaepa problem dalam menjalankan usahanya. Masalah tersebut antara lain adalah terkendalanya modal usaha, strategi pengembangan yang kurang optimal, hingga minimalnya akses teknologi digital. Hal inilah yang sedang dialami oleh UD. Al-Wasiilah sehingga perlu ada strategi pengembangan usaha yang merupakan suatu upaya yang dilakukan perusahaan untuk semakin mengembangkan usaha kearah yang lebih baik. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pengembangan usaha konveksi yang dilakukan UD. Al Wasillah dengan pendekatan analisis strengths, weakness, opportunities, threats ? (2) Bagaimana strategi yang tepat untuk mengembangkan industri konveksi UD. Al Wasillah ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif matriks SWOT dengan menggunakan penelitian lapangan. Sumber data yang diperoleh yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi data, Pendiskusian teman sejawat, dan perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perusahaan konveksi UD. Al-Wasiilah dalam kedua matrik Internal Factors Analysis Summary (IFAS) dan External Factors Analysis Summary menunjukkan bahwa posisi perusahaan konveksi UD. Al-Wasiilah berada pada kuadran 2 dengan menerapkan strategi diversifikasi. Pada kuadran ini situasi perusahaan menghadapi berbagai ancaman, namun perusahaan ini masih memiliki kekuatan dari segi internal sehingga strategi yang harus diterapkan adalah menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang dengan strategi diversifikasi (produk/pasar). (2) Strategi yang paling tepat dalam pengembangan perusahaan konveksi UD. Al-Wasiilah dalam mengembangkan usahanya adalah dengan menerapkan strategi ST (Stengths Threats) yaitu dengan Menjaga mutu dan kualitas produk serta terus menambah variasi dan inovasi pada produk untuk bertahan dalam persaingan Pasar dan mengoptimalkan kinerja karyawan untuk menghadapi perkembangan zaman. Kata Kunci: Pengembangan Usaha Konveksi, Analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threts.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163474 FARICH JOKO PRAKOSO
Date Deposited: 30 Sep 2021 06:43
Last Modified: 30 Sep 2021 06:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22564

Actions (login required)

View Item View Item