PENGARUH GAYA HIDUP DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE PADA GENERASI MILENIAL DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

DESI FITRIANI, 12402173637 (2021) PENGARUH GAYA HIDUP DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE PADA GENERASI MILENIAL DI KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (695kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (810kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (810kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Pada Generasi Milenial di Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Desi Fitriani, NIM. 12402173637, dan dibimbing oleh Dr. Muhammad Aswad,M.A. Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh perkembangan era digitalisasi semakin cepat dan pesat menuntut perubahan dalam sektor perbelanjaan yang semakin modern dan efisien. Perkembangan zaman memunculkan bentuk perbelanjaan baru melalui sistem online seiring dengan perilaku baru dikalangan masyarakat yaitu perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif masyarakat tentu dipengaruhi oleh kondisi internal dan eksternal. Tinggi rendahnya perilaku konsumtif masyarakat dapat dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya adalah gaya hidup dan literasi keuangan. Salah satu yang menjadi perhatian perilaku konsumtif adalah generasi milenial. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah:1)Untuk mengetahui pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif belanjaonlinepada generasi milenial di Kabupaten Tulungagung 2) Untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif belanja online pada generasi milenial di Kabupaten Tulungagung 3) Untuk mengetahi pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif belanja online pada generasi milenial di Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuisioner yang disebar pada responden generasi milenial di Kabupaten Tulungagung sebanyak 156 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik accidental sampling. Data kuisioner dianalisis menggunakan SPSS 21.0 dengan melakukan beberapa tahap uji analisis data, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t dan F) dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif belanja online pada generasi milenial di Kabupaten Tulungagung dan variabel literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif belanja online pada generasi milenial di Kabupaten Tulungagung. Sedangkan secara simultan menggunakan uji F atau secara bersama-sama menunjukkan bahwa ada pegaruh secara simultan antara variabel gaya hidup dan variabel literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif belanja online pada generasi milenial di Kabupaten Tulungagung. Angka Adjusted R Square sebesar 0,635 menunjukkan bahwa gaya hidup dan literasi keuangan mempengaruhi perilaku konsumtif dengan besaran presentase sebesar 63,5% terhadap perilaku konsumtif generasi milenial di Kabupaten Tulungagung. Kata kunci : Gaya Hidup, Literasi Keuangan dan Perilaku Konsumtif

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Literasi
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402173637 Desi Fitriani
Date Deposited: 10 Jan 2022 01:27
Last Modified: 17 Jan 2022 04:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23973

Actions (login required)

View Item View Item