PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN, KELOMPOK ACUAN, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PREFERENSI MASYARAKAT MENGGUNAKAN PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Besuki Tulungagung)

RISTA EKA RAHMA APRILIA, 12401173048 (2022) PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN, KELOMPOK ACUAN, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PREFERENSI MASYARAKAT MENGGUNAKAN PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Besuki Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (636kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan, Kelompok Acuan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Preferensi Masyarakat Menggunakan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Besuki Tulungagung)” yang ditulis oleh Rista Eka Rahma Aprilia, NIM 12401173048, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan perbankan syariah yang sudah dikenal banyak masyarakat Kecamatan Besuki tetapi belum menjadi pilihan utama bagi mereka untuk menggunakannya. Pencarian informasi merupakan tahap awal dalam pengambilan keputusan dimana nantinya memberikan preferensi bagi masyarakat untuk menggunakan produk dan jasa di Perbankan Syariah. Preferensi masyarakat menggunakan Perbankan syariah dapat dipengaruhi oleh religiusitas, pengetahuan, kelompok acuan masyarakat itu sendiri selain itu kualitas pelayanan yang diberikan bank syariah juga mempengaruhi terciptanya preferensi masyarakat menggunakan bank syariah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui pengaruh Religiusitas terhadap preferensi masyarakat menggunakan Perbankan syariah, 2) Untuk mengetahui pengaruh Pengetahuan terhadap preferensi masyarakat menggunakan Perbankan syariah 3) Untuk mengetahui pengaruh Kelompok acuan terhadap preferensi masyarakat menggunakan Perbankan syariah, 4) Untuk mengetahui pengaruh Kualitas pelayanan terhadap preferensi masyarakat menggunakan Perbankan syariah, 5) Untuk mengetahui pengaruh Religiusitas, Pengetahuan, Kelompok acuan dan Kualitas pelayanan terhadap preferensi masyarakat menggunakan Perbankan syariah. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan teknik sampling dan skala pengukuran menggunakan skala likert kemudian disebar ke 100 responden yang diambil dari masyarakat di Kecamatan Besuki. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, realibilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan analisis koefisien Determinasi (R2). Selanjutnya data diolah mengunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) religiusitas berpengaruh positif signifikan terhadap preferensi masyarakat menggunakan Perbankan syariah, 2) Pengetahuan berpengaruh positif signifikan terhadap preferensi masyarakat menggunakan Perbankan syariah, 3) Kelompok acuan berpengaruh positif signifikan terhadap preferensi masyarakat menggunakan Perbankan syariah, 4) Kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap preferensi masyarakat menggunakan Perbankan syariah 5) Religiusitas, Pengetahuan, Kelompok acuan, Kualitas pelayanan secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap preferensi masyarakat menggunakan Perbankan syariah Kata Kunci: Religiusitas, Pengetahuan, Kelompok Acuan, Kualitas Pelayanan, Preferensi Masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Kualitas Produk
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401173048 Rista Eka Rahma Aprilia
Date Deposited: 31 Jan 2022 02:53
Last Modified: 31 Jan 2022 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24553

Actions (login required)

View Item View Item