SONIA LAILATUL SUSENO, 12405183176 (2022) STRATEGI PEMASARAN PRODUK JAJANAN TRADISIONAL DALAM MENGHADAPI TANTANGAN EKONOMI DIGITAL (Studi Kasus pada UMKM Dua Bintang Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.Pdf Download (76kB) | Preview |
|
Text
BAB I.Pdf Download (220kB) |
||
|
Text
BAB II.Pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.Pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.Pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.Pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.Pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.Pdf Download (131kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Produk Jajanan Tradisional dalam Menghadapi Tantangan Ekonomi Digital (Studi Kasus pada UMKM Dua Bintang Tulungagung)” ditulis oleh Sonia Lailatul Suseno, NIM 12405183176 mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dosen pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena “UMKM go digital” di tengah masalah perekonomian yang telah dialami Indonesia. Optimisme yang turut serta dalam dukungan tersebut menjadi harapan baru terhadap pemulihan berkelanjutan lewat adanya produk-produk lokal yang diangkat sebagai suatu bentuk pemanfaatan potensi alam dan pembangunan jiwa entrepreneurship dalam menjalankan usaha. UMKM Dua Bintang Tulungagung turut serta menerapkan proses digitalisasi khususnya dalam strategi pemasaran produk jajanan tradisional untuk merespon keterbaruan ekonomi digital yang penuh tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Strategi pemasaran produk jajanan tradisional yang dipergunakan UMKM Dua Bintang Tulungagung dalam menghadapi tantangan ekonomi digital. 2) Kendala serta upaya yang dilakukan UMKM Dua Bintang Tulungagung dalam menggunakan strategi pemasaran produk jajanan tradisional di era ekonomi digital. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Perolehan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sebagai pengecekan keabsahan penelitian. Hasil penerlitian Strategi pemasaran produk jajanan tradisional yang telah dilakukan meliputi 1) Strategi Inovatif, 2) Strategi promotion selling, 3) Strategi personal selling. Kendala yang dihadapi berupa kemampuan dalam penerapan strategi pemasaran digital meliputi skill pemasaran digital, fasilitas digital, arus digital marketing. Upaya strategi pemasaran produk jajanan tradisional yang dilakukan guna mengatasi kendala atas tantangan ekonomi digital ialah pelatihan pemasaran digital, riset strategi pemasaran digital, pengembangan strategi pemasaran digital. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Era Ekonomi Digital, UMKM
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > E-Commerce Ekonomi > Manajemen Syariah Ekonomi > Promosi Ekonomi > UMKM |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 12405183176 Sonia Lailatul Suseno |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 03:44 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 03:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25936 |
Actions (login required)
View Item |