دور البيئة اللغوية في تحسين مهارة الكلام للطلاب في الفصل البرامج اللغة بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الثالثة بليتار

MUHAMMAD FAUZI AL AZIZI, 12202183015 (2022) دور البيئة اللغوية في تحسين مهارة الكلام للطلاب في الفصل البرامج اللغة بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الثالثة بليتار. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (869kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (398kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Lingkungan Bahasa dalam Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas Bilingual di MAN 3 Blitar” ditulis oleh Muhammad Fauzi Al Azizi, NIM. 12202183015 Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022, di bawah bimbingan Prof. Dr. Imam Fu’adi, M.Ag. NIP. 196903311994031002. Kata Kunci: Lingkungan Bahasa, Keterampilan Berbicara dan Kelas Bilingual Kelas bilingual merupakan salah satu program unggulan yang ada di MAN 3 Blitar. Kelas bilingual ini membuat lingkungan bahasa yang mewajibkan siswa yang ada di kelas itu untuk berbicara dengan bahasa Arab ataupun Inggris dalam pembelajaran sehari-hari. Peneliti fokus pada kelas bilingual bahasa Arab. Penelitian ini untuk mengetahui peranan lingkungan bahasa dalam meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara bahasa Arab. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab di kelas bilingual dengan adanya lingkungan berbahasa, peran lingkungan bahasa dalam meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara bahasa Arab dan mengetahui faktor pendukung sekaligus penghambatnya. Metode penelitian menggunakan penelitan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Dan pengecekan keabsahan data menggunkan memperpanjang waktu kehadiran peneliti, diskusi dengan teman, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran bahasa Arab di MAN 3 Blitar dengan adanya lingkungan bahasa adalah belajar mengajar di MAN 3 Blitar menggunakan pedoman belajar mengajar masa pandemi, pelajaran bahasa Arab ada dua, bahasa Arab resmi (kurikulum pemerintah) dan non-resmi (kurikulum madrasah), selama proses pembelajaran guru selalu menggunakan bahasa Arab, sedangkan siswa masih sedikit – sedikit menggunakan bahasa Arab. (2) Peran lingkungan bahasa dalam meningkatkan keterampilan berbicara utamanya hiwar adalah suasana kondisi lingkungan berbahasa yang khusus di satu gedung, banyak kata motivasi dan kutipan tentang bahasa Arab yang ditempelkan di dinding atau lainnya, mewajibkan siswa kelas bilingual untuk mengikuti kelas tambahan (pelajaran bahasa Arab non-resmi), guru selalu memotivasi siswa untuk mampu berbicara bahasa Arab. (3) Faktor pendukung antara lain fasilitias yang sangat mendukung, pengajar profesional, dan MAN 3 Blitar berada di lingkungan pendidikan Pon Pes Al Kamal, juga faktor penghambatnya antara lain, peraturan yang sudah tidak berlaku, seleksi siswa yang kurang sesuai, dan juga pembelajaran yang masih dalam masa pandemi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Bahasa Dan Sastra > Speaking
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 12202183015 Muhammad Fauzi Al Azizi
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:05
Last Modified: 05 Jul 2022 04:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26424

Actions (login required)

View Item View Item