PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII DI SMPN 2 KALIDAWIR

KHUSNUL KHOTIMAH, 12204173092 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII DI SMPN 2 KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (825kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (597kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (700kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (258kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII Di SMPN 2 Kalidawir” ini ditulis oleh Khusnul Khotimah, NIM 12204173092, dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Model Blended Learning, Berpikir Kreatif, Pola Bilangan Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Kajian dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah, salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan. Model pembelajaran yang diasumsikan mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif adalah model pembelajaran blended learning. Model pembelajaran ini dapat membantu siswa dalam menguasai konsep materi yang diajarkan secara mandiri (online) maupun tatap muka (offline). Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 2 Kalidawir pada materi pola bilangan. 2) untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 2 Kalidawir pada materi pola bilangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen Quasi Eksperimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 2 Kalidawir. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen VIII A dan VIII B kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data adalah uji-t dan uji besar pengaruh. Berdasarkan analisis data menggunakan uji t diperoleh 2,015 pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa model pembelajaran Blended Learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Kalidawir Tulungagung pada materi pola bilangan. Perhitungan pada uji besar pengaruh menggunakan effect size dengan rumus Cohen’s didapatkan nilai d sebesar 84% yang dikategorikan tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Blended Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Kalidawir Tulungagung pada materi pola bilangan memberikan pengaruh yang tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Matematika > Pola Bilangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173092 KHUSNUL KHOTIMAH
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:24
Last Modified: 06 Jul 2022 03:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26912

Actions (login required)

View Item View Item