Strategi Modified Note Taking dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

cahya kusuma anggriawan, 2846134006 (2015) Strategi Modified Note Taking dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. [ Thesis ]

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (65kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (81kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (116kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (82kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (123kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (71kB)
[img] Text
BAB VI.docx

Download (74kB)
[img] Text
cahya-abstrak.docx

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (61kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.doc

Download (192kB)
[img] Text
LAMPIRAN.doc

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Modified Note Taking dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, disusun oleh Cahya Kusuma Anggriawan NIM: 2846134006, Program Pasca Sarjana, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan dibimbing oleh: 1) Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag, 2) Dr. H. Muwahid Shulhan, M.Ag. Kata kunci : Modified Note Taking, Mutu Pembelajaran Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh masalah yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia terdapat pada lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Salah satu faktor rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia adalah karena lemahnya para guru dalam menggali potensi anak. Para pendidik seringkali memaksakan kehendaknya tanpa pernah memperhatikan kebutuhan, minat dan bakat yang dimiliki siswanya. Proses pendidikan yang baik adalah dengan memberikan kesempatan pada anak untuk menjadi kreatif. Itu harus dilakukan sebab pada dasarnya gaya berfikir anak tidak bisa diarahkan. Sedangkan penelitian ini terfokus dalam strategi modified note taking dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI, yang dimana terinci dalam pertanyaan penelitian: (1) Bagaimana perencanaan strategi modified note taking dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMPN I Gondang dan SMPN 2 Gondang ? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi modified note taking dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa di SMPN I Gondang dan SMPN 2 Gondang? (3) Bagaimana evaluasi hasil belajar PAI di SMPN I Gondang dan SMPN 2 Gondang setelah dilakukan strategi modified note taking? Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dimana pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan, maka diadakan pemeriksaan keabsahan data dengan teknik konfirmasi dan diskusi dengan teman sejawat. Kemudian data dianalisis kemudian direduksi, penyajian data selanjutnya diadakan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji validitas data internal menggunakan perpanjangan pengamatan (peneliti kembali ke lapangan), meningkatkan ketekunan (pengamatan lebih cermat dan berkesinambungan), triangulasi (pengecekan data dari sumber dengan berbagai cara), analisis kasus negative (mencari data berbeda dengan data yang ditemukan), menggunakan bahan referensi (membuktikan data yang telah ditemukan), member check (proses pengecekan data yang diperoleh peneliti dari pemberi data). Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Perencanaan strategi modified note taking berangkat dari visi dan misi sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di kedua SMPN tersebut yang telah dituangkan kedalam silabus, sebagai hasil pengembangan silabus. Dan dimasukkan kedalam RPP yang dipakai sehari-hari sebagai perwujudan dari kewajiban guru dalam merencanakan pembelajaran yang sesuai dengan harapan dari tujuan pendidikan Nasional. (2) Pelaksanaan strategi modified note taking dalam meningkatkan hasil belajar PAI di kedua SMPN terlihat dalam pembelajaran yang dilakukan di kedua SMPN yang telah membuat Rencana Pelaksaan Pembelajaran dan sudah dilaksanakan dalam pembelajarannya, karena terlihat didalam kegiatan pembelajaran ada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup, dan hal tersebut telah dilakukan oleh guru ke dua SMPN dengan mempertimbangkan kelebihan dan kelemahan strategi pembelajaran. (3) Evaluasi atau penilaian hasil belajar PAI yaitu untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik terhadap hasil proses pembelajaran yang dilakukan oleh penilai (guru). Untuk kedua SMPN yaitu SMPN 1 Gondang dan SMPN 2 Gondang telah melakukan penilaian dengan tes yaitu meliputi ulangan harian (UH), ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir sekolah (UAS), serta menggunakan teknik non tes, yaitu nilai yang diambil dari observasi ketika pembelajaran berlangsung. ABSTRACT Thesis with the title “Strategi Modified Note Taking dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, by Cahya Kusuma Anggriawan NIM: 2846134006, Post Graduate Program, Islamic Education Program, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, guidance by: 1) Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag, 2) Dr. H. Muwahid Shulhan, M.Ag. Keywords: Modified Note Taking, Quality of Learning Background study of this research is education in Indonesia which is faced weakness problem in learning process. At those learning process, there is less support for children’s ability of thinking. One factor Indonesia has low quality in education is the teacher cannot dig up student potensial exactly. Often, teachers force their desire without pay attention students need, interest and talent they have. The good education process is give a chance for student to be creative. This a must because childent way of thinking cannot directed. While this research focus in strategy modified note taking to increase quality of learning of PAI, where is the research problem are: (1) How the strategy modified note taking planning to increase quality of learning of PAI at SMPN 1 Gondang and SMPN 2 Gondang? (2) How the implementation of strategy modified note taking to increase student score of PAI at SMPN 1 Gondang and SMPN 2 Gondang? (3) How to evaluate student score of PAI at SMPN 1 Gondang and SMPN 2 Gondang? This study use qualitative research method, where is collect data by observation, interview, and documentary. To avoid the reason, there is a validity investigation by confirmation and discussion with colleague. The data have reduction analyze, then it will be present with a conclusion. Meanwhile internal data validation use extension observation (re-observation to the field), increase diligence (accurate and continue observation), triangulation (checking data from source in many ways), negative case analysis (find different data which is collected), member check (data checking process from informant). From this research, the writer conclude that: (1) The planning of strategy modified note taking is start from vision and mission school to increase quality of learning of PAI at those SMPN where is put in writing in syllabus, as the result of syllabus enlarge. And it is include Lesson Plan which is daily use as hope appropriate with National Education purposes. (2) The implementation of strategy modified note taking to increase PAI score at those two SMPN seen from learning activity at those two SMPN which is made Lesson Plan and implemented at those learning process, because it has been seen at their learning activity there are introduction, content, and closing activity, and those thing have did by teacher from those two SMPN with consideration the surplus and the weakness of learning strategy. (3) Evaluation or scoring result of PAI is known how far student ability toward result of learning process which is given by assessor (teacher). For those two SMPN are SMPN 1 Gondang and SMPN 2 Gondang have did scoring by examination they are include daily examination, middle test and final test, also use non examination technique, the score taken from observation when learning activity happen.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: CAHYA 2846134006 CAHYA KUSUMA ANGGRIAWAN
Date Deposited: 10 May 2016 08:21
Last Modified: 10 May 2016 08:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3296

Actions (login required)

View Item View Item