FATIK ROSYIDAH, 2812123023 (2016) تطبيق طريقة لعب الدور في تعليم مهارة الكلام بالمدرسة السلفية العليا اﻹمام الشافعي تافان تولونج أجونج. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB 3.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB 5.pdf Download (229kB) |
||
|
Text
المراجع.pdf Download (295kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Bermain Peran dalam Pembelajaran Keterampilan berbicara di Madrasah Salafiyyah ‘Ulya Imam Syafi’i Tapan Tulungagung” ini ditulis oleh Fatik Rosyidah dengan pembimbing Nuryani, M.Pd.I. Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Keterampilan Berbicara Salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari adalah keterampilan berbicara sebagai media komunikasi lisan yang efektif. Keterampilan berbicara penting diajarkan karena dengan keterampilan itu seorang siswa akan mampu mengembangkan kemampuan berpikir, membaca, menulis, dan menyimak. Padahal kenyataannya, keterampilan berbicara khususnya berbicara dengan bahasa Arab dianggap sebagai pelajaran yang menakutkan. Kesan berbicara dengan bahasa Arab itu sulit, mereka juga malu berbicara di depan teman-temannya dan kurangnya motivasi. Sebenarnya tidak perlu terjadi manakala pengajaran disajikan secara metodologis. Oleh karena itu diperlukan adanya inovasi metode pembelajaran keterampilan berbicara seperti metode bermain peran. Fokus penelitian yang ada dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran keterampilan berbicara di Madrasah Salafiyyah ‘Ulya Imam Syafi’i Tapan Tulungagung? 2) Apa saja permasalahan yang dihadapi saat menerapkan metode bermain peran dalam pembelajaran keterampilan berbicara di Madrasah Salafiyyah ‘Ulya Imam Syafi’i Tapan Tulungagung? 3) Bagaimana solusi dari permasalahan saat menerapkan metode bermain peran dalam pembelajaran keterampilan berbicara di Madrasah Salafiyyah ‘Ulya Imam Syafi’i Tapan Tulungagung? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Untuk menjelaskan proses penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran keterampilan berbicara di Madrasah Salafiyyah ‘Ulya Imam Syafi’i Tapan Tulungagung. 2) Untuk menjelaskan permasalahan yang dihadapi saat menerapkan metode bermain peran dalam pembelajaran keterampilan berbicara di Madrasah Salafiyyah ‘Ulya Imam Syafi’i Tapan Tulungagung. 3) Untuk menjelaskan solusi dari permasalahan saat menerapkan metode bermain peran dalam pembelajaran keterampilan berbicara di Madrasah Salafiyyah ‘Ulya Imam Syafi’i Tapan Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskripstif. Instrumen utama dalam penelitian ini yaitu peneliti itu sendiri. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Pembelajaran keterampilan berbicara di Madrasah Salafiyyah ‘Ulya Imam Syafi’i Tapan Tulungagung menggunakan metode bermain peran yaitu drama. Adapun proses penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran keterampilan berbicara di Madrasah Salafiyyah ‘Ulya Imam Syafi’i Tapan Tulungagung yaitu dengan cara para siswa membentuk kelompok drama. Kemudian mereka mencari ide drama apa yang akan ditampilkan. Setelah mendapatkan ide, mereka membuat skenarionya dan mereka hafalkan skenarionya dengan menggunakan bahasa Arab. Kemudian ditampilkan di depan semua siswa dan guru. 2) Permasalahan yang dihadapi saat menerapkan metode bermain peran dalam meningkatkan keterampilan berbicara di Madrasah Salafiyyah ‘Ulya Imam Syafi’i Tapan Tulungagung yaitu latar belakang siswa yang berbeda-beda, ada yang berasal dari SMP dan ada yang berasal dari MTs. Selain itu juga sedikitnya kosakata yang dimiliki oleh siswa dan kurangnya latihan berbicara bahasa arab dalam sehari-sehari. 3) Solusi dari permasalahan saat menerapkan metode bermain peran dalam meningkatkan keterampilan berbicara di Madrasah Salafiyyah ‘Ulya Imam Syafi’i Tapan Tulungagung yaitu guru menekankan adanya kerjasama antara siswa yang memiliki kemampuan lebih dengan yang berkemampuan kurang. Guru juga memberikan banyak latihan kosakata dam siswa berlatih berbicara bahasa Arab dalam kesehariannya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab Pendidikan > Pendidikan Tinggi Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 2812123023 FATIK ROSYIDAH |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 04:32 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 04:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4204 |
Actions (login required)
View Item |