PENGARUH METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI MI NURUL ULUM PARAKAN TRENGGALEK

SUCI HANDAYANI, 1725143280 (2018) PENGARUH METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI MI NURUL ULUM PARAKAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (678kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (375kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek”, ini ditulis oleh Suci Handayani, NIM. 1725143280, pembimbing Dr. Hj. Sulistyorini, M. Ag. Kata Kunci: Metode Drill, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pencapaian hasil belajar matematika yang tergolong masih rendah. Hal ini dikarenakan peran guru lebih mendominasi dalam pembelajaran. Guru aktif dalam menyampaikan materi pelajaran sedangkan siswanya cenderung pasif, mendengarkan apa yang disampaikan serta kurangnya pemberian latihan soal. Untuk itu peneliti melakukan suatu tindakan untuk memperbaiki hasil belajar matematika dengan menggunakan metode drill. Rumusan masalah dalam penulisan skirpsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh metode drill terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek? (2) Seberapa besar pengaruh metode drill terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode drill terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI MI Nurul Ulum Parakan, Trenggalek. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode drill terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental. Penelitian ini dilakukan di dua kelas yakni kelas VIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) ada pengaruh metode drill terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% bahwa nilai t hitung > t tabel yakni 2,549 > 2,021. Dengan demikian hipotesis pengaruh metode drill terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek diterima. Jadi dapat disimpulkan ada pengaruh metode drill terhadap hasil belajar siswa matematika kelas VI MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek. (2) Metode drill berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Besar pengaruh metode drill terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek sebesar 16,88 %.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143280 SUCI HANDAYANI
Date Deposited: 19 Jul 2018 02:34
Last Modified: 19 Jul 2018 02:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8304

Actions (login required)

View Item View Item