SUCI HANDAYANI, 1725143280 (2018) PENGARUH METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI MI NURUL ULUM PARAKAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (678kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (375kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (451kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Download (424kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Download (211kB) |
||
Text
BAB 6.pdf Download (90kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (316kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek”, ini ditulis oleh Suci Handayani, NIM. 1725143280, pembimbing Dr. Hj. Sulistyorini, M. Ag. Kata Kunci: Metode Drill, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pencapaian hasil belajar matematika yang tergolong masih rendah. Hal ini dikarenakan peran guru lebih mendominasi dalam pembelajaran. Guru aktif dalam menyampaikan materi pelajaran sedangkan siswanya cenderung pasif, mendengarkan apa yang disampaikan serta kurangnya pemberian latihan soal. Untuk itu peneliti melakukan suatu tindakan untuk memperbaiki hasil belajar matematika dengan menggunakan metode drill. Rumusan masalah dalam penulisan skirpsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh metode drill terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek? (2) Seberapa besar pengaruh metode drill terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode drill terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI MI Nurul Ulum Parakan, Trenggalek. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode drill terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental. Penelitian ini dilakukan di dua kelas yakni kelas VIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) ada pengaruh metode drill terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% bahwa nilai t hitung > t tabel yakni 2,549 > 2,021. Dengan demikian hipotesis pengaruh metode drill terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek diterima. Jadi dapat disimpulkan ada pengaruh metode drill terhadap hasil belajar siswa matematika kelas VI MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek. (2) Metode drill berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Besar pengaruh metode drill terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek sebesar 16,88 %.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143280 SUCI HANDAYANI |
Date Deposited: | 19 Jul 2018 02:34 |
Last Modified: | 19 Jul 2018 02:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8304 |
Actions (login required)
View Item |